Find Us On Social Media :

Nvidia Gunakan Teknologi AI Generatif untuk Gerakkan Robot Humanoid

By Rafki Fachrizal, Selasa, 19 Maret 2024 | 11:15 WIB

Ilustrasi Robot Humanoid.

Nvidia baru-baru ini mengumumkan sebuah platform hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) untuk membuat robot yang menyerupai manusia atau biasa disebut robot humanoid, yang mencakup fitur-fitur AI (artificial intelligence) generatif.

Platform baru ini terdiri dari sistem komputer yang akan menggerakkan robot dan AI, ditambah paket software termasuk AI generatif dan tools lainnya untuk membangun robot yang menyerupai manusia, kata perusahaan pada konferensi pengembang tahunannya.

Penambahan AI generatif akan memungkinkan robot humanoid mengambil tindakan berdasarkan input dengan kombinasi bahasa, video, pengalaman masa lalu, dan lainnya.

Disebut Project GR00T, komponen AI generatif akan menambah platform hardware dan software perusahaan yang sudah ada untuk robotika.

"Robot-robot yang lebih pintar, lebih cepat, dan lebih baik ini akan digunakan di industri-industri berat di dunia," ujar Rev Lebaredian, Vice President Omniverse and Simulation Technology Nvidia, dikutip dari Reuters.

"Kami bekerja sama dengan seluruh ekosistem robot dan simulasi di dunia untuk mempercepat pengembangan dan adopsi," tambahnya.

Komputer canggih di balik software AI generatif itu disebut dengan "Jetson Thor", dan didasarkan pada salah satu chip AI perusahaan dan hardware lainnya.

Komputer ini akan memberikan tenaga komputasi yang cukup bagi robot untuk melakukan tugas-tugas kompleks dan berinteraksi dengan orang dan mesin, kata Nvidia. Sedangkan rangkaian software yang digunakan disebut dengan platform "Isaac".

Nvidia juga mengatakan akan merilis model robot yang telah dilatih sebelumnya dan software lain yang akan meningkatkan fungsi lengan robotik dan kemampuan penginderaan multi-kamera.

Baca Juga: OpenAI ChatGPT dkk Investasi ke Startup AI Pembuat Robot Humanoid

Baca Juga: Microsoft AI Copilot Pro Meluncur di Indonesia, Ini Biaya Langganannya