Find Us On Social Media :

Berkat Teknologi OpenAI ChatGPT, Kemampuan Robot ini Mirip Manusia

By Adam Rizal, Jumat, 22 Maret 2024 | 09:30 WIB

Figure Kenalkan Robots Canggih Berteknologi OpenAI ChatGPT

Pabrikan robot Figure mengembangkan robot canggih Figure 01 yang mengusung teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dari OpenAI. Teknologi OpenAI memungkinkan robot Figure 01 berkomunikasi dengan manusia secara alami dan bahkan menyajikan makanan. 

Di dalam sebuah video, robot itu juga bisa  menunjukkan kemampuannya dalam berinteraksi dengan manusia dan memberikan sebuah apel. Peneliti meminta robot menjelaskan mengapa ia menyerahkan sebuah apel kepadanya saat dirinya sedang memungut sampah. Melalui integrasi dengan teknologi OpenAI, robot itu dapat menjalankan percakapan penuh dengan manusia dengan suara yang ramah dan responsif.

Robot itu juga menunjukkan kemajuan dalam bidang robotika, terutama dalam teknik mesin untuk gerakan yang tangkas dan pengolahan bahasa alami real-time. Teknologi AI milik OpenAI itu memungkinkan robot untuk melakukan tugas yang kompleks seperti mengambil dan menyajikan benda dengan presisi dan untuk memahami serta merespons percakapan manusia dengan cepat.

Secara keseluruhan, robot itu menunjukkan kemiripan dengan manusia dalam cara berbicara dan bertindak, menunjukkan bahwa teknologi AI semakin mendekati tingkat kecerdasan dan interaksi manusia.

"Dengan OpenAI, Figure 01 sekarang dapat melakukan percakapan penuh dengan manusia. Model OpenAI memberikan kecerdasan visual dan bahasa tingkat tinggi. Jaringan saraf tiruan memberikan tindakan robot yang cepat, tingkat rendah, dan cekatan," demikian pernyataan resmi Figure di Twitter seperti dikutip LiveScience.

Para ahli mengungkapkan kehadiran robot itu adalah mencerminkan kemajuan dalam dua bidang utama robotika. Kemajuan pertama merupakan teknik mesin di balik gerakan robot yang tangkas dan dapat mengoreksi diri seperti yang dapat dilakukan manusia. 

"Robot ini memiliki teknologi motor yang kuat mirip sendi atau otot manusia, serta kontrol motorik untuk menjalankan tugas dan memegang benda dengan hati-hati," ujarnya.

Kemajuan kedua adalah pemrosesan bahasa alami (NLP) real-time berkat penambahan mesin OpenAI - yang harus secepat dan responsif seperti ChatGPT saat Anda mengetikkan kueri atau perintah ke dalamnya.

Secara keseluruhan, robot Figure 01  menyerupai manusia, jika rekaman dan adegannya memang riil. Mulai dari menyertakan diksi acak saat berbicara kemudian pengawalan kalimat 'emm' yang tanpa sadar mirip seperti manusia.

Baca Juga: Dorong Pemanfaatan AI dan ML, Indosat Adopsi Platform NVIDIA Blackwell

 Baca Juga: Bagaimana Cara Implementasi Solusi AI yang Benar di Indonesia?