Find Us On Social Media :

Canggih! Apple Bakal Tingkatkan Kemampuan Asisten Siri Mirip ChatGPT

By Adam Rizal, Minggu, 24 Maret 2024 | 09:30 WIB

Apple Siri

Apple memiliki asisten suara Siri yang  kemampuannya sudah jauh tertinggal dibanding pesaingnya yaitu Alexa milik Amazon, Assistant milik Google, dan bahkan asisten berbasis ChatGPT yang semakin populer. Tak mau kalah, Apple akan meningkatkan kemampuan Siri saat ini selevel dengan ChatGPT. Apple akan mengintegrasikan model AI bahasa besar (LLMs) secara on-device ke dalam Siri sehingga dapat meningkatkan kemampuan Siri dalam memahami bahasa alami.

Model LLMs sendiri adalah teknologi di balik kemampuan asisten ChatGPT. Selain itu, Siri juga sedang dilatih untuk meningkatkan respons terhadap permintaan lanjutan pengguna, sehingga diharapkan dapat mengenali konteks dari pertanyaan sebelumnya dan melakukan tindakan yang diinginkan oleh pengguna dengan lebih baik seperti dikutip CNET.

Perubahan ini diharapkan akan membuat Siri lebih mampu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang melibatkan beberapa langkah, sehingga pengguna dapat mengandalkannya untuk melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks dengan lebih efisien.

Meskipun belum ada kepastian tentang masa depan Siri, banyak pengamat percaya bahwa perubahan besar akan terjadi. Potensi Siri untuk menjadi lebih mirip dengan asisten berbasis ChatGPT dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat penggunaan teknologi asisten suara lebih intuitif.

Perubahan Besar Siri

Berdasarkan laporan dari Phone Arena, pada ajang WWDC 2024 yang dijadwalkan pada bulan Juni mendatang, Apple diperkirakan akan mengumumkan sejumlah perubahan besar dalam kemampuan AI Siri berbasis model Ajax internal Apple. Perbaikan yang diantisipasi mencakup peningkatan personalisasi dan percakapan yang lebih alami. Namun, dampak perubahan ini terhadap pengalaman pengguna Siri masih kurang jelas, dan banyak pihak skeptis bahwa ini akan menyelesaikan keluhan utama yang dihadapi pengguna Siri.

Salah satu harapan utama pengguna Siri adalah kemampuan untuk menerima jawaban langsung dari Siri, bukan hanya menemukan informasi di web. Rencana upgrade mikrofon yang sedang beredar diyakini dapat membantu mengatasi masalah pendengaran Siri. Pengguna juga sering mengeluhkan bahwa meskipun pertanyaan mereka benar, Siri sering memberikan jawaban yang tidak relevan.

Menurut yeux1122, blogger teknologi, Siri mungkin akan mendapatkan kemampuan AI baru yang memungkinkan pengguna memulai percakapan di iPhone dan melanjutkannya di iPad atau Mac. Meskipun demikian, masih perlu waktu untuk membuktikan apakah peningkatan AI yang diumumkan benar-benar akan membuat Siri menjadi asisten digital yang lebih baik. Tugas-tugas seperti mengatur alarm dan waktu dianggap tidak akan menjadi masalah besar bagi Siri.

Worth noting, yeux1122 bukanlah satu-satunya yang mengatakan bahwa Apple akan mengumumkan fitur AI untuk Siri di WWDC. Sebelumnya, leakster @Tech_Reve juga menyebutkan hal serupa, merinci bahwa versi Siri yang ditingkatkan akan tersedia di seri iPhone 16 dan model selanjutnya.

Baca Juga: OpenAI Bakal Luncurkan Model AI GPT-5 Pertengahan Tahun 2024

Baca Juga: Cegah Deepfake, YouTube Bakal Tandai Konten-konten Buatan AI