Find Us On Social Media :

Tiga Tips Bikin Konten Pakai Samsung Galaxy S24 Series Agar Maksimal

By Dayu Akbar, Senin, 25 Maret 2024 | 08:00 WIB

kamera Galaxy S24 Series

Momen menanti waktu berbuka puasa sering dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Menurut Digital Creator Mada Riyanhadi, momen ngabuburit jadi saat yang tepat untuk hunting konten menarik, karena menghadirkan hangatnya kebersamaan yang tercermin dari human portrait, suasana pemandangan lanskap kota yang hangat menjelang berbuka, hingga berbagai foto portrait menu takjil yang hanya ditemui di bulan Ramadan. Agar konten ngabuburit Ramadan terlihat semakin epic, Mada Riyanhadi berbagi tips memanfaatkan fitur-fitur canggih yang ada di Galaxy S24 Series.1. Eksplorasi dengan Fitur PortraitDengan cara berfokus pada satu objek utama, Anda bisa menciptakan foto candid yang epic saat berbuka puasa. Caranya adalah dengan menggunakan mode kamera Portrait untuk memfokuskan objek, mem-blur noise dan latar belakang object.

Selanjutnya gunakan Zoom hingga dari 2x, 3x hingga 5x untuk mendapatkan kualitas foto yang jernih dan dramatis, atau biasa yang dikenal dengan istilah cinematic dan atur jarak untuk bikin foto lebih bercerita.  Dengan kemampuan zoom hingga 5x, Anda bisa mengambil detail gesture orang dari jarak jauh tanpa mengganggu aktivitasnya dan hasil foto jadi lebih natural. Salah satu tips yang dijelaskan oleh Mada bahwa saat mengambil konten human portrait, jangan khawatir untuk mengambil sebanyak-banyaknya foto dengan berbagai angle, latar, hingga ekspresi terbaik dari objek yang dipotret. Anda juga bisa mengombinasikan mode kamera biasa dan fitur burst yang memungkinkan untuk mengambil banyak gambar dalam sekali jepretan.

 2. Capture Konten dengan Kamera ZoomAnda juga bisa membuat konten fotografi arsitektur dan lanskap menggunakan fitur Optical Zoom hingga 5x pada resolusi 50MP pada Galaxy S24 Series. Dengan kemampuan ini, kamu bisa mengambil foto bangunan yang tinggi dan jauh, serta memperoleh pemandangan sunset secara close up dengan jelas dan detail.Saat mengambil gambar sebuah objek arsitektur, kamu bisa memanfaatkan teknik sebagai berikut:• Penggunaan Titik Fokus (Leading Lines) atau menggunakan teknik skala objek: gunakan garis-garis yang ada dalam lanskap, seperti garis jalan, fasad gedung, untuk menuntun mata kita ke subjek utama dalam gambar. • Selanjutnya, Anda bisa coba zoom-in ke detail yang ingin ditangkap untuk membuat hasil foto menjadi lebih estetik dengan menggunakan Optical Zoom hingga 5x memungkinkan hasil foto yang lebih jernih dan detail.

Fitur Zoom

 Di dalam pembuatan konten lanskap, Anda juga bisa membuat konten yang cinematic dengan menggunakan fitur Instant Slow-Mo pada Galaxy S24 Series. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memberikan sentuhan dramatis sehingga menciptakan konten momen Ramadan yang auto aesthetic di video manapun yang telah direkam. Cara menggunakan fitur ini pun cukup mudah dan praktis:  • Ambil footage video pemandangan Ramadan yang estetik• Pilih tombol edit dan pilih kecepatan slow-mo yang diinginkan dengan klik ‘adjust speed’ dari 1/8, 1/4, 1/2, hingga 1x kecepatan.• Tarik dengan jari bagian video yang ingin di edit menjadi video slow-mo.• Terakhir tinggal simpan di galeri untuk hasil video slow-mo­ nya. Setelah momen berbuka puasa, Anda tetap bisa explore low light konten dengan memanfaatkan kemampuan Nightography pada Galaxy S24 Series yang dilengkapi dengan AI yang mampu menghasilkan foto yang cerah, tajam, dan berkualitas tinggi meski dalam kondisi low light (minim cahaya). Anda dapat menggunakan teknik panning photography hanya dengan memanfaatkan fitur Night Mode pada Galaxy S24 Series yang dapat menghasilkan foto light trails layaknya menggunakan kamera profesional, sehingga hasil konten ambience saat berbuka puasa dapat lebih epic.

Fitur Night Mode

Berikut cara membuat konten light trails dengan fitur Night Mode Galaxy S24 Series:• Buka aplikasi kamera dan pilih fitur Night Mode.• Cari objek dengan dikelilingi banyak cahaya, pastikan objek tersebut tidak bergerak.• Fokuskan kamera kepada objek tersebut dan kunci fokusnya dengan mengetuk dan menahan objek sampai lock focus berubah menjadi warna kuning.• Pilih durasi foto pada kanan bawah dan pilih ‘Max’ untuk mendapatkan hasil foto light trails yang epic, dan capture.      3. Poles Hasil Foto dengan Photo Assist Setiap detail momen ngabuburit hingga berbuka puasa bersama juga bisa disempurnakan dengan lebih mudah pakai fitur Photo Assist. Anda tidak perlu khawatir terganggu objek yang tidak diinginkan saat foto di keramaian karena bisa langsung dihapus dengan fitur Object Eraser yang dilengkapi AI.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Generative Edit untuk menciptakan komposisi foto yang lebih baik, mengatir kemiringan foto, menggeser objek, dan merapikan background.

Fitur Object Eraser

Ngonten ngabuburit hingga berbuka bersama bisa makin epic dengan dukungan filter yang memungkinkan untuk dapat tone dan komposisi warna yang mewakili personality Anda. Salah satu tips yang sering digunakan Mada adalah dengan mudah menyalin preset editing yang sudah dibuat pada satu foto ke foto lainnya langsung di aplikasi Galeri. Hal ini bisa sangat berguna untuk yang ingin mengunggah hasil foto carousel di Instagram karena tone dari foto yang diedit akan memiliki hasil yang serupa tanpa perlu mengedit lagi setiap fotonya.