Find Us On Social Media :

Pakai Algoritma AI, Mitgo Group Bisa Menilai Peminjam Secara Akurat

By Adam Rizal, Selasa, 26 Maret 2024 | 11:35 WIB

Mitgo Group telah mengembangkan algoritma unik yang menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin

Raksasa MarTech, Mitgo Group, meluncurkan divisi bisnis baru yang mutakhir. Pasar penerbit afiliasi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan proyeksi nilai pasar mencapai Rp 4,3 triliun pada tahun 2023, menunjukkan pertumbuhan CAGR sebesar 25,1% sejak tahun 2022 berdasarkan data dari MarketWatch. 

DailySocial juga memperkirakan lonjakan nilai pasar hingga Rp 10 triliun pada tahun yang sama. Selain itu, Indonesia memiliki potensi besar dalam ranah influencer, dengan lebih dari 500.000 influencer yang teridentifikasi oleh Influencer Marketing Hub. 

Socialbakers mencatat sekitar 1,2 juta akun Instagram di Indonesia dikategorikan sebagai influencer, menunjukkan dampak besar yang dapat dihasilkan melalui kolaborasi dengan para pengaruh digital. Untuk mewujudkan ambisi ini, langkah pertama yang diambil adalah akuisisi platform keuangan tertanam yang berbasis di Uni Emirat Arab, Embedded, yang timnya memiliki pengalaman luas di bidang fintech dan akan melengkapi portofolio teknologi Mitgo yang diperlukan untuk memasuki pasar baru.

Divisi terbaru ini akan melibatkan sejumlah solusi dalam ranah keuangan tertanam. Divisi tersebut akan memberikan kesempatan bagi jutaan penerbit di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat dan Eropa ,dengan fokus khusus pada audiens yang belum memiliki rekening bank di wilayah Asia Pasifik, Amerika Tengah, dan Amerika Latin, untuk melakukan penarikan pendapatan secara langsung, menggantikan masa tunggu standar 60-120 hari yang saat ini menjadi patokan dalam pemasaran afiliasi. 

Selain itu, mereka akan diberikan akses kepada pinjaman, dapat mengurangi biaya transaksi, meminimalkan komisi pertukaran, meningkatkan kecepatan transaksi, dan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya. Pada tahun sebelumnya, Mitgo Group telah sukses melakukan uji coba solusi keuangan serupa di dalam operasional bisnisnya. Salah satu keuntungan utama bagi penerbit adalah akses ke pinjaman dan jalur pembiayaan lainnya. 

Saat ini, penerbit kesulitan membuka jalur kredit di lembaga keuangan standar karena solusi yang ada di pasar keuangan seringkali tidak mengakui kekhasan bisnis penerbit. Dampaknya adalah keterbatasan ketersediaan produk keuangan untuk penerbit, yang sebagian besar merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan 15 tahun pengalaman di pasar pemasaran afiliasi dan kolaborasi dengan lebih dari 100.000 mitra aktif, Mitgo Group telah mengembangkan algoritma unik yang menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan penilaian peminjam secara akurat dan membangun portofolio pinjaman dengan risiko rendah, sambil tetap memberikan keuntungan yang optimal bagi mereka.

Dengan solusi keuangan yang tertanam, para pemimpin industri keuangan seperti bank-bank besar, sistem pembayaran, dan dompet elektronik dapat mengembangkan portofolio pelanggan dan produk khusus mereka di berbagai wilayah dan negara yang sebelumnya dianggap mahal dan berisiko untuk dijelajahi.

Arah bisnis baru Mitgo Group akan menjadi panduan komprehensif dalam dunia pemasaran afiliasi, melibatkan mitra terpilih dari lingkaran organisasi fintech terbesar. Dalam tahun-tahun mendatang, perusahaan berambisi untuk menjalin kerja sama dengan pemain terkemuka dalam pasar ini, termasuk skema pembayaran global dan lembaga keuangan terbesar di dunia. 

Dengan dukungan para ahli di perusahaan, Mitgo Group akan memiliki akses ke potensi yang sebelumnya belum tergali, melibatkan jutaan pengguna dan transaksi senilai puluhan miliar dolar yang sebelumnya tidak diketahui oleh organisasi keuangan.

Di samping peluang lain yang menjanjikan, mitra masa depan kami di industri keuangan akan memiliki panggung uji coba yang sangat baik, didukung oleh pasar baru dan sistem distribusi produk keuangan yang meluas di antara audiens penerbit, termasuk layanan cashback, pembeli media, program loyalitas, layanan BNPL, dan berbagai opsi lainnya. Dengan dukungan kami, mereka dapat menyajikan beragam solusi yang sesuai untuk ratusan juta pengguna mereka di seluruh dunia," ungkap Neha Kulwal, pendiri dan CEO Mitgo Group.

Oleg Chanchikov, CEO dan pendiri Embedded yang akan diakuisisi oleh Mitgo, akan memimpin arah bisnis baru. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang IT dan pasar keuangan, Oleg sebelumnya menjabat dalam posisi manajemen senior di Visa dan organisasi keuangan serta IT besar lainnya.

"Seluruh dunia, termasuk para pemain global di pasar keuangan dan organisasi internasional seperti PBB dan Bank Dunia, berkomitmen untuk memberdayakan UKM dan mempermudah akses mereka ke layanan keuangan," katanya.

Oleg melanjutkan solusi keuangan terintegrasi membantu pertumbuhan pasar bukan hanya dari pendekatan top-down, di mana bank menawarkan produk yang sudah ditentukan kepada klien, tetapi juga dari pendekatan bottom-up, di mana industri sendiri menggunakan produk keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah dalam bisnis inti mereka. 

"Saya yakin, bersama Mitgo Group, kami tidak hanya akan mengubah cara industri MarTech memanfaatkan produk keuangan, melainkan juga memperkenalkan solusi revolusioner yang akan mengubah dinamika seluruh pasar," ujar Oleg.

Baca Juga: Bukan Indonesia, Ini Alasan Vietnam Bakal Pimpin Industri AI di ASEAN

Baca Juga: Demi Keselamatan Umat Manusia, PBB Sahkan Resolusi AI Global