Find Us On Social Media :

Zoom Perkenalkan Zoom Workplace, Platform Kolaborasi Berbasis AI

By Adam Rizal, Selasa, 26 Maret 2024 | 13:00 WIB

ilustrasi Salah Satu Kantor Grab yang Menggunakan Solusi dari Zoom.

Zoom Video Communications, Inc.   mengumumkan peluncuran produk Zoom Workplace, platform kolaborasi terbuka berbasis AI, dan memperkenalkan inovasi AI Companion terbaru untuk membantu menata ulang cara kerja tim. 

Zoom Workplace, platform kolaborasi berbasis AI, akan menghadirkan inovasi baru untuk membantu perusahaan menata ulang cara kerja tim, memudahkan interaksi, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan pengalaman kerja yang fleksibel. 

Zoom Workplace akan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna pada platform Zoom melalui Zoom AI Companion, sehingga semua karyawan perusahaan bisa menjadi lebih produktif, berkolaborasi dengan lebih baik, dan meningkatkan keterampilan kerja mereka.

Zoom Workplace akan terus menjadi platform terbuka yang memungkinkan pelanggan memiliki beragam pilihan. API, SDK, dan lebih dari 2.500 integrasi Zoom pada Zoom App Marketplace memudahkan pelanggan untuk mengintegrasikan Zoom ke dalam perangkat teknologi yang sudah ada atau mengintegrasikan aplikasi favorit mereka ke dalam Zoom.

Dengan peluncuran Zoom Workplace, Zoom memperbarui pengalaman pengguna lewat berbagai pilihan, seperti pilihan empat tema warna dalam aplikasi Zoom, sehingga pengguna dapat menyesuaikan tampilan aplikasi sesuai selera mereka sendiri. Host rapat juga dapat memilih latar belakang ruang rapat virtual yang sesuai dengan nuansa atau tujuan rapat.

"Dengan Zoom, tidak ada lagi kesulitan dalam mengimplementasikan perangkat yang rumit, sehingga kami bisa fokus untuk berinteraksi dengan karyawan dan berkolaborasi dalam tugas yang lebih penting," ujar Diofanto Rosales, Vice President of Digital Workplace & IT Infrastructure di Flex. 

"Zoom Workplace akan menggabungkan semua perangkat kerja kami yang terpenting dalam satu aplikasi, sehingga memudahkan kami untuk menyelesaikan pekerjaan," katanya.

Untuk Zoom Meetings, pengguna akan melihat Meetings tab baru pada aplikasi Zoom, sehingga pengguna dapat berkolaborasi baik sebelum, selama rapat, atau pun sesudah rapat berlangsung. Tab ini menyediakan tampilan kalender standar dan berfungsi untuk menampung agenda, rekaman, dan aset bersama lainnya, seperti dokumen, smart recording dari AI Companion, dan rangkuman rapat. 

Tahun lalu, Zoom memperkenalkan fitur continuous meeting chat, yang membantu pengguna melanjutkan pembahasan setelah rapat, sehingga kolaborasi dapat terus berlanjut secara asinkron (tidak dalam waktu yang bersamaan) sepanjang proyek berlangsung. Dengan Meetings tab baru, pengguna dapat mengakses kelanjutan percakapan rapat lewat Meeting card, baik sebelum maupun sesudah rapat.

Meeting card baru pada Zoom Workplace memungkinkan pengguna untuk mengakses smart recording, dokumen rapat, dan rangkuman rapat atau melanjutkan percakapan rapat dalam satu aplikasi

Selama rapat, tampilan  multi-speaker view yang baru akan menyesuaikan tata letak video secara otomatis untuk menyorot pembicara yang sedang aktif. Portrait lighting berbasis AI akan membantu menerangi wajah pengguna dalam kondisi pencahayaan yang buruk, dan  generative AI virtual backgrounds akan memungkinkan pengguna untuk membuat latar belakang virtual sesuai selera. 

Fitur tambahan baru untuk Meetings akan mencakup customizable toolbar, yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan fitur yang paling sering digunakan;  multi-share  yang memungkinkan peserta rapat untuk berbagi layar, dokumen, papan tulis digital, dan catatan secara bersamaan; dan kolaborasi dokumen, yang akan memberikan kemampuan untuk memilih dokumen, menyederhanakan izin akses dokumen, dan mengedit dokumen bersama dalam rapat dengan lampiran dari aplikasi pihak ketiga. 

Di Zoom Team Chat, komunikasi asinkron dapat ditingkatkan dengan Team Chat tabs yang membantu pengguna menjadi lebih rapi dengan mengumpulkan lampiran pada grup-grup chat seperti tautan, papan tulis digital, dan lampiran lainnya dalam satu tampilan (single view). 

Ada juga fitur shared spaces yang menyediakan pengelompokan grup chat untuk membantu pengguna merapikan percakapan dan memudahkan mereka dalam menemukan topik atau proyek yang relevan. Terakhir, terdapat kemampuan workflow automation, fungsi pengaturan alur kerja yang canggih dan mudah digunakan untuk mengotomatisasi pembagian tugas dalam Team Chat. 

Untuk perusahaan dengan gaya kerja hybrid dan tatap muka, Workspaces tab akan memudahkan karyawan dalam menavigasi kantor. Workspaces tab menyediakan akses ke Workspace Reservation dengan kemampuan Wayfinding dan Visitor Management yang dioperasikan langsung dari aplikasi Zoom Workplace. 

Untuk membantu membuat rapat menjadi lebih inklusif,  Zoom Rooms akan menyediakan pilihan untuk mengaktifkan smart name tags, sehingga nama-nama peserta rapat dapat muncul secara otomatis selama rapat di Zoom Rooms. 

Jika satu layar tidak cukup, pengguna dapat memperluas Zoom Rooms dengan perangkat pendamping, sehingga dapat menambah layar untuk berkolaborasi melalui audio dan video. Bagi pelanggan Workvivo, integrasi terbaru dengan Zoom Rooms dapat memudahkan dalam menyiarkan informasi, berita, dan acara penting kepada para karyawan menggunakan Workvivo TV dengan perangkat yang tersertifikasi untuk Zoom Rooms.

"Berbagai perusahaan sedang mencari solusi berbasis AI yang akan membantu mereka bergerak maju dengan meningkatkan produktivitas karyawan dan kolaborasi tim," ujar Zeus Kerravala, Principal Analyst di ZK Research.

"Inovasi terbaru Zoom, seperti peluncuran Zoom Workplace dan Ask AI Companion, menunjukkan komitmennya dalam menerapkan AI yang intuitif dan efektif dalam satu platform untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi," ujarnya.

Pada peluncurannya, paket Zoom One akan berubah namanya menjadi paket Zoom Workplace, sehingga pelanggan baru dan lama akan mendapatkan paket harga yang telah disederhanakan untuk penawaran Zoom yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut tentang Zoom Workplace, kunjungi blog Zoom.

Layanan bisnis Zoom meluputi solusi berbasis AI untuk pemasaran, layanan pelanggan, dan penjualan. Layanan bisnis Zoom, yang terintegrasi erat dengan Zoom Workplace, mendukung karyawan yang berhadapan dengan pelanggan untuk memberikan layanan yang luar biasa sepanjang proses interaksi dengan pelanggan (customer lifecycle). 

Baca Juga: Kini Layanan Zoom AI Companion Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Baca Juga: Zoom Clips Bantu Pengguna Bekerja dengan Tim dalam Zona Waktu Berbeda