Find Us On Social Media :

Lenovo Rilis ThinkStation P8, Workstation Terbaru Bidik Profesional

By Dayu Akbar, Kamis, 28 Maret 2024 | 09:00 WIB

Lenovo meluncurkan ThinkStation P8 sebagai workstation baru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series dan GPU NVIDIA RTX. ThinkStation P8 dirancang untuk memberikan kinerja, keandalan, dan fleksibilitas dalam memenuhi tuntutan para profesional di bidang arsitektur, teknik, media dan hiburan, dan bidang lainnya.Menangani tugas-tugas kompleks dan menuntut, seperti bekerja dengan basis data hingga aplikasi grafis real-time, adalah bagian dari pekerjaan yang sering memerlukan solusi workstation canggih. Desain termal yang ditingkatkan, yang dikembangkan bekerja sama dengan Aston Martin, memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan kinerja CPU AMD yang kuat dan pilihan kartu grafis profesional NVIDIA RTX, secara lebih cepat dan lebih lama, menjadikan ThinkStation P8 sebagai pilihan ideal untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang paling kompleks.Didukung oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series terbaru yang dibangun dengan arsitektur "Zen 4" dengan teknologi 5nm terkini dan menampilkan hingga 96 cores dan 192 threads, Lenovo ThinkStation P8 berkembang dalam lingkungan intensitas tinggi seperti alur kerja Building Information Modeling (BIM), proyek pengembangan perangkat lunak, atau manajemen siklus produk. Chassis rak baru yang ramping dan kokoh menawarkan opsi daya dengan rating Platinum yang lebih besar untuk menangani kemampuan ekspansi yang lebih menuntut.

Sebagai contoh, dapat mendukung hingga tiga (3) GPU NVIDIA RTX 6000 ADA Generation untuk membantu mengurangi waktu penyelesaian dalam aplikasi grafis yang intensif seperti real-time ray tracing atau peng-renderan video, simulasi, atau desain bantu komputer. Kekuatan gabungan juga membuka dunia baru dari lingkungan yang menarik termasuk dunia digital, hingga penciptaan konten AR/VR. ThinkStation P8 juga dilengkapi dengan sertifikasi ISV1, dan mendukung Windows 11 serta sistem operasi Linux populer. Workstation P8 dapat menampung hingga tujuh (7) SSD M.2 PCIe Gen 4 dengan dukungan RAID, atau hingga tiga (3) HDD untuk penyimpanan kapasitas besar, hingga 2 TB memori DDR5 dengan dukungan okta-channel, dan tujuh (7) slot PCIe termasuk enam (6) PCI Gen5 yang memberikan konektivitas kecepatan tinggi, laten rendah, dan kapabilitas ekspansi yang lebih besar, dan termasuk Ethernet 10 Gigabit onboard untuk hampir menghilangkan bottleneck jaringan.Seperti semua workstation desktop Lenovo, ThinkStation P8 mencakup pemantauan hardware bawaan yang dapat diakses melalui perangkat lunak ThinkStation Diagnostics, dan Lenovo Performance Tuner dilengkapi dengan berbagai profil untuk mengoptimalkan banyak aplikasi ISV. ThinkStation P8 juga mendukung penawaran keamanan ThinkShield dari Lenovo yang memberikan perlindungan komprehensif mulai dari BIOS hingga cloud.

Selain itu, standar pengujian yang ketat, Dukungan Premier, dan opsi garansi yang diperpanjang memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa workstation akan bekerja dengan handal dan melindungi investasi mereka. Investasi tersebut dapat dikelola lebih lanjut melalui Lenovo TruScale yang menyederhanakan pengadaan, implementasi, dan manajemen solusi TI yang sepenuhnya terintegrasi, semua disampaikan sebagai layanan dengan sederhana dalam model yang dapat disesuaikan dan membayar sesuai kebutuhan.Sebagai perlindungan tambahan, Lenovo memberikan garansi 3 tahun Premier Support dan 3 tahun Accidental Damage Protection untuk jajaran perangkat mobile workstation. Sementara untuk harganya, ThinkStation P8 dibanderol dengan harga mulai dari Rp73.999.000.