Find Us On Social Media :

Fitur Chatbot Ask Meta AI Bakal Hadir di Kotak Pencarian WhatsApp

By Adam Rizal, Kamis, 28 Maret 2024 | 11:30 WIB

Begini Cara Download Aplikasi GB WhatsApp Terbaru.

WhatsApp sedang menguji integrasi fitur Chatbot Ask Meta AI di kotak pencarian. Informasi itu pertama kali diungkapkan oleh WABetaInfo yang memungkinkan pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada Meta AI melalui kotak pencarian WhatsApp. 

Pengguna tidak perlu lagi membuka obrolan terpisah dengan Meta AI, cukup dengan mengetikkan pertanyaan mereka di kotak pencarian dan menunggu jawaban. Selain itu, WhatsApp juga menyajikan saran pertanyaan dalam bentuk bubble di bawah hasil pencarian, memudahkan pengguna untuk memilih pertanyaan dan melihat jawabannya langsung di bawahnya.

Tentunya Integrasi Meta AI itu menjadi cara yang efisien bagi pengguna WhatsApp untuk mendapatkan informasi dan bantuan tanpa harus meninggalkan aplikasi pesan. Meskipun fitur ini saat ini hanya tersedia di versi beta WhatsApp untuk Android, belum jelas apakah akan tersedia juga di iOS dan kapan akan dirilis ke versi publik.

Sementara itu WhatsApp juga akan memperkenalkan fitur transkripsi pesan suara ke platform Android setelah sebelumnya hadir di iOS selama satu tahun. Informasi itu diungkapkan laporan dari TheSpAndroid yang merujuk kepada Android Headlines, yang menemukan potongan kode terkait dalam APK.

Proses penggunaan fitur itu akan membutuhkan pengunduhan data tambahan sebesar 150MB, seperti yang diungkapkan dalam kode tersebut. Fitur pesan suara telah menjadi bagian integral dari WhatsApp, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah mengirim pesan tanpa harus mengetik. 

Namun, adakalanya penerima pesan mengalami kesulitan dalam mendengar pesan tersebut secara jelas, sehingga kehadiran fitur transkripsi dianggap sangat bermanfaat. Transkripsi WhatsApp, yang telah tersedia di iOS sejak Mei 2023, mengubah pesan suara menjadi teks dengan menggunakan teknologi pengenalan suara pada perangkat. 

Sebagai contoh, pengguna iOS harus mengaktifkan panggilan bangun "Hey Siri" agar fitur ini berfungsi. Fitur itu bekerja dengan cara mendengarkan pesan suara dan menghasilkan versi tertulis dari pesan tersebut dengan sebaik mungkin seperti dikutip Android Headlines.

Seperti fitur lainnya di WhatsApp, transkripsi pesan suara ini juga didukung oleh enkripsi end-to-end, memungkinkan pengguna untuk membaca pesan sebelum memutarnya, serta membantu ketika mereka berada di lingkungan di mana mendengarkan pesan suara tidak memungkinkan.

Meskipun transkripsi pesan suara bukanlah hal baru, rival WhatsApp seperti Telegram juga telah menghadirkan fitur serupa, namun dengan batasan penggunaan bagi pengguna yang tidak membayar. Selain itu, Google Messages juga telah memiliki fitur transkripsi pesan suara. Kehadiran fitur transkripsi WhatsApp di Android diharapkan akan meningkatkan daya saing platform ini terhadap pesaingnya.

Sebagaimana yang dicatat oleh TheSpAndroid, fitur ini kemungkinan akan diakses melalui menu Pengaturan > Obrolan, serupa dengan yang ada di iOS. Dengan adanya pembaruan ini, pengguna WhatsApp di Android dapat menikmati pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Perusahaan Habiskan Rp1.5 Miliaran Tingkatkan Skill Tim Keamanan Siber

Baca Juga: Balas AS, China Larang Perangkat PC Pakai Chip Intel dan OS Windows