Find Us On Social Media :

Tambah Portofolio, Canva Akuisisi Platform Software Desain Affinity

By Adam Rizal, Minggu, 31 Maret 2024 | 13:30 WIB

Ilustrasi Canva.

Canva, satu-satunya platform komunikasi visual all-in-one di dunia, hari ini mengumumkan akuisisinya akan Affinity, rangkaian perangkat lunak kreatif pemenang penghargaan untuk pengeditan foto, ilustrasi, desain grafis dan penataan halaman secara profesional.

Akuisisi ini memperkuat visi Canva secara signifikan untuk membangun rangkaian alat komunikasi visual terlengkap di dunia. Meski dekade terakhir telah menghasilkan pertumbuhan pesat bagi Canva di antara 99% pekerja berpengetahuan tanpa pelatihan desain, integrasi perangkat lunak desain profesional Affinity kini membuka spektrum penuh untuk desainer di setiap level dan tahap perjalanan desain.

Dengan komunikasi visual menjadi status quo di tim dan organisasi di seluruh dunia, akuisisi ini juga mempercepat ambisi Canva untuk perusahaan, membuka sebuah masa depan di mana desainer profesional dapat menciptakan desain dan template menggunakan Affinity di semua organisasi menggunakan Canva.

“Komunikasi visual kini menjadi sesuatu yang umum di tempat kerja, dan bagi kami, berinvestasi pada strategi-strategi yang memperkaya penawaran B2B adalah inti dari masa depan bisnis kami,” ujar Cliff Obrecht, Canva co-founder and COO. 

“Dari penjualan dan pemasaran, hingga tim brand dan kreatif, kebutuhan untuk menciptakan konten visual yang efektif dan menarik semakin meningkat. Tim Affinity hadir dengan kaliber talenta dan teknologi yang luar biasa dan kami senang bisa menyambut mereka ke Canva saat kita bersama-sama memasuki fase selanjutnya," ujarnya.

Memberdayakan desainer profesional Affinity berasal dari sebuah visi untuk memberdayakan desainer untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan cara yang efektif dan terjangkau. 

Dalam kurun waktu 10 tahun, rangkaian produk kreatif Affinity telah digemari dan dikenal atas pengalaman yang luar biasa bagi desainer profesional. Ini termasuk menawarkan alat yang sangat cepat dan sangat responsif yang menyelesaikan semua tugas pengeditan foto dan vektor yang dibutuhkan oleh para profesional.

Sekarang, lebih dari 3 juta pengguna di dunia percaya pada Affinity untuk menciptakan semua, dari grafik multi-layered yang rumit hingga diagram teknis yang detail, karya seni dan ilustrasi, logo, mockup, dokumen, majalah dan masih banyak lagi.

Dirancang untuk perangkat keras terbaru dan dilengkapi dengan fitur untuk memudahkan alur kerja profesional di kehidupan nyata, produk pengeditan foto, desain grafis, dan penerbitan desktop yang sangat lengkap berfungsi sebagai solusi yang kuat, hemat biaya, dan bebas berlangganan bagi fotografer dan desainer yang membutuhkan keserbagunaan dan presisi

Produk intinya - Affinity Designer, Affinity Photo, dan Affinity Publisher - telah dipuji atas kinerjanya yang sangat cepat dan kompatibilitas lintas platform yang mulus di macOS, Windows, dan iPadOS. Hingga saat ini, Affinity telah memenangkan sejumlah penghargaan industri, di antaranya Apple Design Award, Apple App of the Year untuk Mac dan iPad, serta Microsoft Application Developer of the Year.

Lonjakan pertumbuhan Canva berlanjut

Memasuki dekadenya yang kedua sekarang, Canva telah mempelopori model desain yang sederhana nan efektif, yang sekarang digunakan oleh lebih dari 175 juta orang di 190 negara dan dalam lebih dari 100 bahasa. 

Karena komunikasi visual menjadi suatu kewajiban bagi setiap macam industri dan organisasi, Canva telah membuat kemajuan signifikan dalam bidang ini selama beberapa tahun terakhir, didukung oleh peluncuran Canva Visual Suite pada bulan September 2022.

Sejak itu, Canva telah menambahkan 90 juta pengguna baru, mengalami pertumbuhan selama sembilan tahun hanya dalam waktu 18 bulan. Akuisisi Affinity akan meningkatkan penawaran alat desain dari Canva dengan berekspansi ke pasar desain profesional.

Canva akan terus berinvestasi pada rangkaian produk Affinity untuk memastikan tidak hanya memenuhi kebutuhan desainer profesional, tapi juga memperkaya pengalaman mereka serta memberdayakan mereka untuk melakukan pekerjaan terbaik. Bersama-sama, Canva dan Affinity akan menjadi kombinasi yang sangat kuat untuk meningkatkan tujuan dari semua tipe desainer.

“Sejak awal hadirnya Affinity, misi kami adalah untuk memberdayakan para pekerja kreatif dengan alat-alat yang dapat sepenuhnya mengeluarkan potensi mereka, memupuk sebuah komunitas di mana inovasi dan kesenian berkembang,” ujar Ashley Hewson, COE of Affinity. 

“Kami giat berupaya untuk terus membuat dobrakan baru untuk menghasilkan perangkat lunak kreatif tingkat profesional yang mudah diakses dan dengan harga terjangkau. Komitmen Canva untuk memberdayakan semua orang untuk berkreasi sangat sejalan dengan nilai-nilai kami. Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari keluarga Canva dan tidak sabar untuk melihat apa yang bisa kami capai bersama," ujarnya.

Akuisisi dari ekosistem startup Eropa telah meningkatkan teknologi Canva dan terus berperan penting dalam memperluas keberadaan Canva secara fisik di wilayah Eropa. Selama beberapa tahun terakhir, Canva telah menemukan talenta berkaliber tinggi dan teknologi yang sesuai di Eropa dengan berbagai akuisisi yang telah menjadi kunci dari strategi produk Canva. 

Affinity menjadi akuisisi berbasis Eropa terbaru Canva, bergabung dengan Flourish (2022), Kaleido (2021), Smartmockups (2021), Pexels (2019) dan Pixabay (2019). Canva membuka kantor pertamanya di Eropa pada tahun 2023 di London.

Baca Juga: Rajai Industri AI Global, China Bangun Pusat Litbang AI Canggih

Baca Juga: Semua Pelanggan X Bakal Kebagian Layanan Chatbot Canggih AI Grok