Find Us On Social Media :

iPad Air 2024: Ada Dua Tipe, Kamera Pindah Posisi, Pakai Apple M2

By Wisnu Nugroho, Senin, 8 April 2024 | 16:41 WIB

Apple iPad Air 2024 menawarkan beberapa fitur baru untuk menambah kenyamanan menggunakannya

Apple akan merilis iPad Air versi terbaru pada Mei 2024. Terakhir, Apple merilis iPad pada tahun 2022. 

Seperti biasa, rumor seputar produk Apple pun mulai muncul. Berikut adalah beberapa fitur baru di iPad Air 2024.

1. Tersedia dalam dua ukuran

Untuk pertama kalinya, iPad Air akan tersedia dalam dua ukuran layar. Yang pertama adalah 10,9 inci seperti biasa, dan yang baru adalah 12,9 inci. Konfigurasi dua ukuran ini mirip seperti iPad Pro yang juga tersedia dalam 10,9 dan 12,9 inci.

Dari sisi harga, iPad Air 2024 10,9 inci akan dibandrol di harga biasa, yaitu US$599. Namun untuk versi 12,9 inci, harganya masih belum diketahui pasti. Macworld memprediksi harganya akan dipatok pada US$699, namun ada kemungkinan Apple akan membandrol di angka lebih tinggi (seperti US$799).

2. Posisi Kamera Dipindah

Selama ini, posisi kamera depan iPad berada di tengah atas (jika diposisikan pada mode portrait). Namun posisi kamera ini agak mengganggu jika iPad digunakan dalam posisi landscape. Karena itulah, Apple akan mengubah posisi kamera pojok kiri; atau sama seperti posisi kamera belakang. 

Dengan posisi baru ini, Anda akan lebih mudah saat selfie di posisi landscape.

3. Menggunakan Apple M2

iPad Air 2024 dipastikan akan memiliki performa lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Pasalnya, iPad Air 2024 akan menggunakan prosesor Apple M2 yang sebelumnya digunakan iPad Pro. Sebagai perbandingan, iPad Air 2022 menggunakan Apple M1.

Sebenarnya, Apple saat ini telah memiliki M3 Chip yang telah digunakan di Macbook Pro 2023 dan Macbook Air 2024. Akan tetapi, Apple M3 Chip sepertinya baru akan digunakan oleh iPad Pro yang juga akan dirilis di Mei 2024 nanti.

Hal menarik lain yang perlu diketahui, Apple diprediksi akan merilis Apple Pencil dan Magic Keyboard terbaru untuk mendukung performa iPad Air dan iPad Pro. Apple Pencil terbaru ini akan mendukung gesture baru bernama squeeze. Gesture ini berguna untuk mengaktifkan interaksi cepat seperti membubuhkan tanda tangan, membuat bentuk, menambah sticker, dan banyak lainnya.

Sementara Magic Keyboard generasi terbaru akan Magic Keyboard akan mengalami perubahan desain yang membuat iPad akan mirip seperti laptop pada umumnya.

Nah, dari bocoran tentang iPad Air 2024 ini, apakah Anda tertarik untuk membeli?