Find Us On Social Media :

Adobe Rilis Asisten AI untuk Acrobat, Segini Harga Langganannya

By Liana Threestayanti, Selasa, 16 April 2024 | 17:55 WIB

Setelah versi betanya dirilis bulan Februari lalu, akhirnya Acrobat artificial intelligence (AI) assistant meluncur ke pasar. Berapa harganya?

Setelah versi betanya dirilis bulan Februari lalu, akhirnya Acrobat artificial intelligence (AI) assistant meluncur ke pasar. Berapa harganya? 

Senin kemarin, Adobe meluncurkan asisten AI untuk Adobe Acrobat yang dapat membantu pengguna memahami konten dokumen-dokumen digital. Asisten AI dengan antarmuka chatbot ini akan menjawab pertanyaan pengguna tentang isi dokumen PDF dan dokumen lain di Acrobat. 

Selain membantu menemukan informasi spesifik, asisten AI ini juga dapat membuatkan ringkasan dan memberikan kutipan yang diambil dari teks.

Adobe memberikan contoh penggunaan asisten AI ini. Misalnya para wajib pajak dapat menggunakannya untuk menguraikan isi dokumen. Atau konsumen memanfaatkan asisten AI untuk memahami isi perjanjian persyaratan layanan. Para pelajar juga dapat memanfaatkannya untuk menyusun panduan belajar dari materi akademis.

Dikutip dari CNBC, harga berlangganan untuk AI assistant for Acrobat ini mulai US$4,99. Namun menurut Adobe, harga berlangganan fitur ini adalah tarif “early access” yang berlaku sampai bulan Juni 2024, dan harga tersebut akan berubah nantinya.  

Sebagai bagian dari peluncuran ini, Adobe juga merilis versi mobile dari asisten AI yang dapat digunakan secara gratis dan menjadi ekstensi (extension) pada Microsoft Edge dan Google Chrome.

Kepada CNBC, Abhigyan Modi, Senior Vice President, Document Product Group, mengatakan bahwa Adobe sedang memperluas kemampuan asisten AI agar dapat mendukung pengguna yang sedang bekerja dengan beberapa dokumen sekaligus. 

“Pendekatan dokumen ini agak berbeda karena kami tidak membuat model bahasa kami sendiri. Kami masih mendasarkan pada konten Anda dan memberikan informasi dari (konten) itu,” jelas Modi.

Sebelumnya Adobe juga telah merilis Adobe Firefly untuk kebutuhan industri kreatif. Software generative AI ini dilatih dengan gambar-gambar open-source dan konten dari Adobe Stock, sehingga diklaim aman digunakan untuk kebutuhan komersial. 

Selain itu, Adobe juga menyediakan fitur-fitur AI canggih melalui produk-produk di Adobe Experience Cloud. Platform ini menggabungkan solusi pemasaran, analitik, periklanan, dan perdagangan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi di berbagai saluran.

Baca juga: Alasan Adobe Yakin Jualan Software AI-nya Bakal Tetap Laku Meski Mahal

Baca juga: Tool AI Generatif dari Adobe Ini Bisa Ciptakan dan Edit Musik