Find Us On Social Media :

Bill Gates Ungkap Tiga Pekerjaan ini Aman dan Tak Bakal Digantikan AI

By Adam Rizal, Rabu, 17 April 2024 | 09:30 WIB

Artificial Intelligence (AI)

Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sukses meningkatkan produktivitas manusia dan meningkatkan efisiensi perusahaan. Namun, teknologi AI juga menjadi ancaman nyata umat manusia karena mampu mengambil alih peran manusia di lapangan pekerjaan. Sudah tidak terhitung berapa banyak perusahaan yang melakukan PHK karyawan dan menggantikannya dengan teknologi AI yang jauh lebih murah dan cepat.

Pendiri Microsoft Bill Gates mengatakan teknologi AI memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia dan akan membawa perubahan besar dalam lima tahun ke depan termasuk pekerjaan. AI juga dapat menghilangkan jutaan lapangan kerja di seluruh dunia. Bahkan, Dana Moneter Internasional (IMF)  melaporkan sekitar 40 persen pekerjaan di seluruh dunia dapat terkena dampak AI.

"Setiap teknologi baru (AI) menimbulkan ketakutan dan peluang baru bagi manusia. Manusia akan mulai menghadapi masifnya perkembangan AI di masa kini dan mendatang," katanya.

Ia memperkirakan AI akan membuat hidup semua orang lebih mudah, khususnya membantu dokter mengerjakan dokumennya. Bill Gates juga takjub dengan kemampuan chatbot ChatGPT milik OpenAI yang dapat membaca dan menulis, sehingga hampir menyamai pekerja kerah putih untuk menjadi tutor, memberikan nasihat kesehatan, hingga membantu menulis kode. 

"Kehadiran teknologi AI generatif ke dalam sektor pendidikan atau kesehatan akan menjadi hal yang luar biasa dan sangat membantu manusia," ujarnya seperti dikutip Daily Mail.

Ia mengungkapkan ada tiga bidang pekerjaan yang tidak akan tergerus oleh masifnya perkembangan AI dan relatif aman bagi lulusan baru untuk meniti karier yang menjanjikan di tengah dunia yang penuh teknologi buatan

"Ada dapat mencoba tiga bidang ini yaitu bidang energi alternatif, biosains kesehatan, dan memajukan AI itu sendiri," katanya.

Bidang energi alternatif dapat membangun lingkungan yang bersih dengan harga terjangkau, yang sangat penting untuk memerangi kemiskinan dan perubahan iklim. Bidang biosains kesehatan, akan tetap menjadi jalur karier yang layak dan bermanfaat karena penuh dengan peluang untuk membantu orang hidup lebih lama dan lebih sehat.

Baca Juga: Adobe Rilis Asisten AI untuk Acrobat, Segini Harga Langganannya

 Baca Juga: Dapat Update Fitur AI, Kini Meta Ray-Ban Dapat Terjemahkan Bahasa