Find Us On Social Media :

Banyak Dicari! IBM Tawarkan Kursus Sustainability di SkillsBuild

By Liana Threestayanti, Sabtu, 20 April 2024 | 17:19 WIB

Ilustrasi Sustainability (Keberlanjutan)

Selain AI, topik lain yang sedang naik daun adalah sustainability atau keberlanjutan. Untuk membekali para pekerja dengan pengetahuan tentang keberlanjutan, IBM menyediakan kursus 10 jam di IBM SkillsBuild.org.

Konsep keberlanjutan atau sustainability dalam dunia bisnis kini menjadi topik hangat di berbagai sektor industri.

Saat ini semakin banyak orang menempatkan isu lingkungan sebagai prioritas, sehingga perusahaan-perusahaan harus mempertimbangkan tanggung jawabnya terhadap para pemangku kepentingan dan keselarasan dengan kegiatan bisnis mereka.

Praktik-praktik keberlanjutan menjadi penting karena pelanggan, pembeli, dan pemerintah mulai menghargai operasi yang peduli lingkungan. Upaya keberlanjutan tidak hanya akan meningkatkan reputasi brand dan menarik basis pelanggan yang lebih luas, tetapi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. 

Banyak perusahaan telah membuat peran-peran keberlanjutan di dalam alur kerja yang sudah ada. Oleh karena itu, pencari kerja yang memiliki pengetahuan tentang praktik-praktik keberlanjutan bisa meningkatkan daya tarik surat lamaran kerjanya di pasar kerja.

Ada banyak kursus mengenai keberlanjutan yang tersedia secara online, misalnya situs IBM SkillsBuild.org yang menawarkan sertifikasi industri tentang keberlanjutan atau sustainability dengan 10 jam belajar.

Kursus ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keberlanjutan, seperti hal-hal perlu diketahui tentang prinsip-prinsip keberlanjutan; apakah ekonomi kita bisa naik kelas dari praktik-praktik konservasi menuju operasional yang keberlanjutan; apa saja titik data yang dapat digunakan untuk mengukur kemajuan; praktik apa dalam sebuah perusahaan atau industri yang dapat diubah untuk mengurangi limbah dan emisi; apakah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dapat membantu bisnis mencapai tujuan keberlanjutan dan mengatasi risiko iklim; dan lain-lain.

 IBM SkillsBuild adalah program pendidikan gratis untuk membantu masyarakat mengembangkan keterampilan baru dan meningkatkan peluang karier. Program ini menawarkan lebih dari 1.000 kursus online dan kredensial digital. 

IBM mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk melatih 30 juta orang secara global pada tahun 2030 dan telah menjangkau lebih dari 11,5 juta pelajar.

Baca juga: IBM Resmi Buka RFP untuk Program IBM Sustainability Accelerator

Baca juga: Tanggulangi Deepfake, IBM: Atur Risiko, Bukan Atur Algoritma AI