Find Us On Social Media :

Model AI Meta Llama 3 Diklaim Lebih Canggih dari OpenAI GPT-3.5

By Adam Rizal, Senin, 22 April 2024 | 10:00 WIB

Menguak Kemampuan Model AI Meta Llama 3 yang Lebih Canggih dari GPT-3.5

Meta, perusahaan induk Facebook meluncurkan model AI Llama 3 generasi terbaru yang bersifat open source sekaligus menggantikan model AI sebelumnya Llama 2. Model AI Llama 3 hadir dalam dua varian yaitu Llama 3 8B dan Llama 3 70B.

Meta mengklaim bahwa Llama 3 mampu mengalahkan model populer seperti GPT-3.5 dari OpenAI dan Claude dari Anthropic yang juga open source. Tentunya kehadiran model AI terbaru itu meningkatkan antusiasme dalam komunitas AI. Model AI Llama 3 berhasil mengungguli beberapa model lain dalam berbagai uji kemampuan standar, termasuk benchmark seperti MMLU, ARC, dan DROP. 

Bahkan, model Llama 3 70B mampu bersaing dengan model-model AI terbaik saat ini, seperti Gemini 1.5 Pro dari Google dan Claude 3 Sonnet dari Anthropic. Meta juga mengembangkan uji kemampuan mereka sendiri yang menunjukkan bahwa Llama 3 70B unggul dalam berbagai tugas, termasuk pemrograman dan penulisan kreatif.

Meta fokus meningkatkan kualitas dan kuantitas data latih dalam pengembangan Llama 3. Meta juga menggunakan dataset yang jauh lebih besar dibandingkan versi sebelumnya, dengan peningkatan hingga 7 kali lipat. Data latih Llama 3 juga lebih beragam, mencakup 30 bahasa selain bahasa Inggris dan lebih banyak kode komputer. Meta mengembangkan sistem khusus untuk menyaring dan memilih data berkualitas tinggi secara otomatis.

Selain itu, Meta juga meningkatkan arsitektur model dan metode pelatihan Llama 3. Mereka mengoptimalkan teknik attention dan fine-tuning, serta mengembangkan hardware dan software pendukung untuk proses pelatihan. Sebagai hasilnya, waktu yang dibutuhkan untuk melatih Llama 3 menjadi lebih efisien.

Meta juga meningkatkan sistem keamanan Llama 3 dengan menghadirkan perangkat seperti Llama Guard 2, CyberSecEval 2, dan Code Shield untuk mendeteksi dan mencegah konten dan kode berbahaya. Meta juga merilis panduan bertajuk Responsible Use Guide untuk menerapkan AI secara etis dan bertanggung jawab.

Meta sedang melatih varian Llama 3 dengan skala yang jauh lebih besar, yaitu Llama 3 400B, dengan harapan memiliki kemampuan yang semakin canggih, seperti pemahaman multibahasa dan memori yang lebih panjang. Sebagai model open-source, Llama 3 memungkinkan kolaborasi luas dalam komunitas AI dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi dalam waktu dekat.

Baca Juga: Meta Luncurkan Asisten AI Terbaru Berbasis Llama 3 untuk WhatsApp dkk

 Baca Juga: Microsoft Luncurkan Model AI VASA-1, Ubah Gambar ke Video dengan Suara