Find Us On Social Media :

Apa saja Kemampuan Chatbot AI Generatif Amazon Q Milik AWS?

By Adam Rizal, Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:00 WIB

Amazon Q

Amazon Web Services, Inc mengumumkan ketersediaan umum Amazon Q, asisten kecerdasan buatan (AI) generatif yang paling canggih untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak dan memanfaatkan data internal perusahaan. Amazon Q tidak hanya menghasilkan kode yang sangat akurat, tetapi juga menguji, men-debug, dan memiliki kemampuan perencanaan dan penalaran multi-langkah yang dapat mengubah (misalnya, melakukan peningkatan versi java) dan menerapkan kode baru yang dihasilkan dari permintaan pengembang. 

“Amazon Q adalah asisten bertenaga kecerdasan buatan (AI) generatif tercanggih yang tersedia saat ini. Dengan akurasi terdepan di industri, kemampuan agen yang canggih, dan keamanan terbaik di kelasnya, Amazon Q membantu developer menjadi lebih produktif dan pengguna bisnis untuk mempercepat pengambilan keputusan,” kata Dr. Swami Sivasubramanian, Wakil Presiden Kecerdasan Buatan dan Data di AWS

Berikut beberapa kemampuan Amazon Q: 

● Rekomendasi coding paling akurat: 

Amazon Q membantu developer membangun aplikasi lebih cepat dan aman dengan menghasilkan saran dan rekomendasi kode secara nyaris real-time. Pelanggan seperti Blackberry, BT Group, dan Toyota sudah menggunakan Q untuk meningkatkan produktivitas developer dan mempercepat inovasi dalam organisasi mereka. 

Amazon Q Developer memiliki tingkat penerimaan kode tertinggi yang dilaporkan di industri, untuk asisten yang melakukan saran kode multi-baris. Baru-baru ini BT Group melaporkan bahwa mereka menerima 37% saran kode dari Q, dan National Australia Bank melaporkan tingkat penerimaan sebesar 50%. 

Q juga memiliki kemampuan kustomisasi yang canggih yang secara aman memanfaatkan basis kode internal pelanggan untuk memberikan rekomendasi kode yang lebih relevan dan berguna. Dengan kemampuan ini, Q menjadi ahli dalam kode Anda dan memberikan rekomendasi yang lebih relevan untuk menghemat waktu. Q menjaga kustomisasi sepenuhnya privat, dan model dasar (FM) tidak menggunakannya untuk pelatihan, sehingga melindungi kekayaan intelektual pelanggan yang berharga.

● Agen Pengembang Amazon Q: 

Q memiliki kemampuan unik yang disebut agen, yang dapat menjalankan berbagai tugas secara mandiri - mulai dari implementasi fitur, dokumentasi, dan refactoring kode, hingga melakukan peningkatan perangkat lunak. 

Pengembang cukup meminta Amazon Q untuk menerapkan fitur aplikasi (seperti meminta untuk membuat fitur "tambahkan ke favorit" di aplikasi berbagi sosial), dan agen akan menganalisis kode aplikasi mereka yang ada dan menghasilkan rencana implementasi langkah demi langkah.

Pengembang dapat berkolaborasi dengan agen untuk meninjau dan mengulangi rencana tersebut sebelum agen menerapkannya, menghubungkan beberapa langkah secara bersamaan dan menerapkan pembaruan pada file sumber, blok kode, dan rangkaian pengujian. Melalui tugas-tugas ini, Q telah mencapai skor tertinggi dari asisten pengembangan perangkat lunak mana pun yang tersedia saat ini, dengan skor 13,4% pada papan peringkat SWE-Bench dan 20,5% pada papan peringkat SWE-Bench (Lite), yakni dataset yang mengukur kemampuan coding.

Untuk menghemat waktu pelanggan hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, untuk proses peningkatan aplikasi, Q juga dapat mengotomatisasi dan mengelola seluruh proses peningkatan, dengan konversi Java tersedia hari ini dan konversi .Net akan segera hadir untuk membantu pengguna berpindah dari Windows ke Linux. 

Di lingkungan pengembangan terpadu (IDE) mereka, pengembang cukup meminta Amazon Q untuk "mengubah" proyek mereka dan agen menganalisis kode sumber aplikasi, menghasilkan kode baru dalam bahasa atau versi target, menjalankan pengujian, dan menyelesaikan semua perubahan kode. 

Sebuah tim dengan lima orang di Amazon menggunakan Q untuk meningkatkan lebih dari 1.000 aplikasi produksi dari Java 8 ke Java 17 dalam waktu hanya dua hari (rata-rata waktu per aplikasi kurang dari 10 menit), menghemat waktu hingga berbulan-bulan, dan meningkatkan kinerja aplikasi - sebelumnya, banyak dari aplikasi tersebut masing-masing akan memakan waktu beberapa hari untuk ditingkatkan.

● Pemindaian dan perbaikan celah keamanan terbaik di kelasnya: 

Q memindai kode untuk mencari kerentanan yang sulit dideteksi, seperti kredensial yang terekspos dan injeksi log. Dengan sekali klik, Q secara otomatis menyarankan perbaikan yang disesuaikan dengan kode aplikasi, memungkinkan pengembang untuk menerima perbaikan dengan cepat dan percaya diri. 

Kemampuan pemindaian keamanan Q mengungguli alat pembanding publik terkemuka dalam hal deteksi di sebagian besar bahasa pemrograman populer, yang membantu meningkatkan keamanan dan kualitas kode aplikasi developer secara signifikan.

● Q adalah ahli dalam hal AWS dan optimasi lingkungan AWS Anda: 

Amazon Q Developer adalah ahli dalam AWS dan hadir di konsol untuk membantu para profesional IT mengoptimalkan lingkungan cloud mereka, serta mendiagnosis dan mengatasi kesalahan serta masalah jaringan, memilih instansi, mengoptimalkan Structured Query Language (SQL), mengekstraksi, mengubah, dan memuat pipeline (ETL), dan memberikan panduan tentang praktik terbaik arsitektur. 

Untuk membantu pelanggan lebih lanjut mengoptimalkan lingkungan cloud mereka, hari ini Amazon Q Developer menghadirkan fitur baru yang membantu pelanggan menampilkan sumber daya akun AWS mereka, konfigurasi, dan menganalisis informasi dan tren penagihan, sehingga memudahkan mereka mengelola akun mereka. 

Sebagai contoh, profesional IT dapat dengan mudah bertanya, “Instansi apa yang saat ini berjalan di US East 1?” atau “Apa enkripsi bucket S3 saya?” atau “Berapa biaya EC2 saya berdasarkan wilayah bulan lalu?” dan Amazon Q Developer akan mencantumkan sumber daya dan detailnya dalam jawaban ringkas dengan tautan untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Antarmuka percakapan Amazon Q tersedia di mana pun diperlukan—di konsol AWS, Slack, atau di IDE, termasuk Visual Studio Code dan JetBrains—untuk memberi pengembang kemampuan menggunakan pengalaman percakapan Q dalam solusi pengembangan perangkat lunak favorit mereka. 

Untuk memperluas pengalaman Q ke lebih banyak tempat kerja pengembang, AWS mengumumkan ekstensi mitra baru dari Datadog dan Wiz, serta integrasi dengan GitLab Duo yang akan menawarkan antarmuka terpadu kepada pelanggan bersama—baik saat bekerja di AWS atau GitLab. Dengan mengintegrasikan kemampuan AI generatif Amazon Q dengan solusi yang diketahui, digunakan, dan dipercaya para pengembang, mereka dapat meningkatkan dan membuat perangkat lunak lebih cepat.

Baca Juga: Duh! Kemampuan AI Chip M4 Apple Kurang Gereget dan Kalah Saing

 Baca Juga: Alasan Perusahaan Harus Adopsi Asisten AI Amazon Q Business