Find Us On Social Media :

Tiga Kemudahan Memanfaatkan Galaxy AI Bahasa Indonesia. Apa Saja?

By Dayu Akbar, Selasa, 14 Mei 2024 | 14:00 WIB

Kehadiran Galaxy AI Bahasa Indonesia yang hadir di Galaxy S24 Series memudahkan pengguna dalam produktivitas sehari-hari. Selain untuk berkomunikasi antar bahasa, pilihan Bahasa Indonesia yang disematkan pada Galaxy AI juga memudahkan aktivitas lain. Misalkan saja untuk membuat transkrip ataupun membuat gaya penulisan yang berbeda.Pilihan bahasa terbaru ini juga hadir guna memudahkan seluruh pengguna Galaxy S24 Series untuk menerjemahkan berbagai bahasa asing saat menggunakan fitur-fitur, seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist yang sudah mendukung Bahasa Indonesia. Dengan demikian, kini para pelajar, profesional, content creator, hingga traveler bisa lebih efisien dalam berkomunikasi, lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan, lebih kreatif dalam membuat konten, hingga lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang diinginkan.1. Fitur Interpreter dan Live Translate Saat Traveling Keluar NegeriBiasa mengandalkan body language untuk menanyakan jalan kepada orang lokal saat bepergian di luar negeri? Atau repot buka aplikasi tambahan untuk menerjemahkan pertanyaan saat traveling? Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi kebingungan menerjemahkan pertanyaan saat traveling. Layaknya translator dan guide pribadi, Galaxy AI bisa menjadi teman traveling andalan berkat fitur Interpreter yang kini sudah bisa menerjemahkan percakapan dari 15 bahasa asing langsung ke Bahasa Indonesia.

Fitur Interpreter

Selain bisa digunakan saat traveling, fitur ini akan sangat berguna bagi yang ingin interview narasumber berbahasa asing atau komunikasi dengan kolega di negara lain tanpa khawatir tidak mengerti akan bahasa di tempat negara Anda sedang berada. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing lebih mudah, karena dapat membantu belajar melafalkan kata dengan lancar. Menariknya lagi, Anda tidak memerlukan koneksi data atau Wi-Fi untuk menggunakan fitur tersebut, karena sudah terintegrasi langsung di perangkat.

Update bahasa ini juga sudah terintegrasi dengan fitur Live Translate yang bisa menerjemahkan bahasa asing, bahkan melalui sambungan telepon dengan praktis. Jadi, Anda nggak perlu repot menggunakan Bahasa Inggris lagi jika ingin berbicara antar bahasa dengan teman atau rekan antar negara yang berbeda bahasa. Cukup berbicara dengan menggunakan bahasa sehari-hari, biar nanti Live Translate yang akan menterjemahkan. Tidak hanya itu, saat menerima panggilan telepon dan sedang tidak bisa menjawab, Anda bisa langsung membalas dengan menekan text call, dan pesan yang Anda kirim langsung disampaikan dalam bentuk suara oleh Galaxy AI.

Fitur Live Translate

2. Bikin Gaya Penulisan Lebih Formal dengan Chat AssistKalau Anda sering merasa kesulitan menulis email kepada rekan kerja, dosen, atau atasan dengan gaya bahasa yang formal, Chat Assist bisa jadi fitur yang sangat membantu. Khususnya bagi yang tidak fasih merangkai kata-kata saat menulis dengan Bahasa Indonesia, Inggris ataupun beragam bahasa asing lainnya. Fitur ini bisa memudahkan pekerjaan sehari-hari dengan memberikan suggestion gaya penulisan sesuai konteks yang diinginkan dalam Bahasa Indonesia hingga 16 bahasa asing lainnya. Dan bukan hanya untuk urusan pekerjaan, Chat Assist juga sangat berguna untuk chatting beda bahasa.

Selain formal, ada juga pilihan writing style casual untuk percakapan sehari-hari dan social untuk membuat caption di sosial media. Jadi, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan caption saat posting. Dengan AI, Anda juga bisa mengoreksi grammar pada kosa kata yang digunakan di aplikasi apapun dengan Samsung Keyboard.

Fitur Chat Assist

Untuk cara menggunakannya mudah. Pastikan Anda menggunakan keyboard Samsung saat mengakses email atau aplikasi yang diinginkan. Tulis pesan yang akan ditulis. Pilih ikon “Galaxy AI” dan pilih writing style, lalu pesan yang sudah ditulis akan diproses dengan AI dan memberikan berbagai pilihan penulisan. Pilih penulisan original, professional, casual, social, polite, emojify sesuai tujuan penulisan pesan. Selanjutnya pilih pengaturan grammar untuk memperbaiki kosa kata penulisan. 3. Transkrip Meeting Sampai Wawancara Dalam Hitungan DetikTidak jarang membuat transkrip rekaman menjadi hal yang menyulitkan dan membutuhkan waktu yang lama karena harus mendengarkan rekaman berulang kali sambil mengetik. Padahal, proses pembuatan transkrip rekaman penting dilakukan ketika kita membutuhkan hasil meeting, mencatat materi dari dosen, mengerjakan skripsi, hingga mewawancarai narasumber untuk membuat artikel. Update terbaru ini bisa menjadi solusi yang memudahkan untuk bantu membuat transkrip rekaman dengan praktis pakai AI di Galaxy S24 Series. Karena Transcript Assist sekarang bisa digunakan untuk mentranskrip dan merangkum rekaman suara langsung dalam bahasa Indonesia, tidak ada lagi ketinggalan mencatat kata-kata dosen yang berbicara terlalu cepat atau harus buat Minute of Meeting (MoM) dari meeting yang panjang.

Fitur Transcript Assist

Untuk menggunakannya, Anda tinggal merekam menggunakan Galaxy S24 Series, lalu gunakan AI untuk transkrip, dan summarize inti dari isi percakapan ke versi yang lebih padat dan informatif. Anda juga bisa menerjemahkan hasil catatan ke 15 bahasa lainnya. Dengan semua kemampuan tersebut, teknologi pada Galaxy S24 Series semakin menginovasi bagaimana orang-orang bekerja dan berkegiatan dengan lebih praktis dan efisien.Anda juga bisa membuat catatan harian hingga script konten yang praktis dengan Note Assist. Dengan berbagai kesibukan, Anda tentu perlu memanfaatkan waktu luang untuk bikin catatan to-do list atau catatan personal agar tidak ada yang terlewat. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan Note Assist untuk membuat to-do list dan catatan personal dengan cepat dan mudah baik dengan mengetik atau menggunakan suara atau disebut fitur dictation. Caranya cukup tekan simbol mic pada Samsung Keyboard dan menyebutkan to-do list atau kegiatan penting yang perlu dicatat dan fitur ini akan langsung mengubah suara menjadi bentuk teks. Untuk merapikan catatan dan mendeteksi kesalahan ejaan, gunakan fitur auto-format dan spell check. Jadi, meskipun sedang sibuk dan terburu-buru, Anda tetap bisa punya catatan yang terorganisir dan mudah dibaca. Selain itu Note Assist dapat menghasilkan cover dengan preview singkat mengenai catatan. Anda juga bisa mempercepat proses pembuatan konten dengan Note Assist. Mulai dari meringkas catatan menjadi bullet point dengan summarize, hingga mengganti bahasa catatan sesuai kebutuhan.

Samsung Galaxy S24 Ultra

 Ketersediaan dan HargaPilihan Bahasa Indonesia tersedia melalui software One UI 6.1 sejak 26 April 2024. Selain Bahasa Indonesia, terdapat 16 bahasa lainnya yang bisa dipilih pengguna. Semua opsi bahasa ini tersedia di semua perangkat Galaxy yang mendukung Galaxy AI, termasuk Galaxy S23 Series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, serta seri Tab S9 (5G) dan Tab S9 (Wi-Fi). Sebagai device pertama dengan Galaxy AI, Galaxy S24 Series juga menawarkan performa tinggi dan kamera tercanggih. Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB).