Find Us On Social Media :

Lima Fitur Lazada ini Tingkatkan Penjualan dan Bantu Pembeli Menghemat

By Adam Rizal, Sabtu, 18 Mei 2024 | 13:00 WIB

Ilustrasi Jualan Online di Lazada.

Laporan Lazada dengan Synagie dan Group menunjukkan bahwa pasca pandemi, eCommerce menghadirkan peluang berharga bagi penjual di Asia Tenggara untuk mengembangkan bisnis mereka. Asia Tenggara sendiri diperkirakan akan memiliki 400 juta pengguna eCommerce pada tahun 2025.

Meski demikian, di tengah situasi ekonomi yang sulit, biaya hidup menjadi perhatian utama konsumen. Laporan dari Euromonitor pada tahun 2023 menunjukkan kekhawatiran konsumen global (74%) terhadap meningkatnya harga barang kebutuhan sehari-hari. Tekanan ekonomi ini juga mendorong banyak konsumen (44%) untuk menabung.

Untuk menjawab tantangan ini secara efektif, penjual harus mampu menyediakan pilihan harga terbaik agar pembeli dapat memaksimalkan anggaran belanja online. Di saat yang bersamaan, penjual harus bisa menawarkan kemudahan dan kenyamanan pembelian melalui pengalaman belanja yang dipersonalisasi.

Untuk mendukung transisi bisnis yang mulus dari offline ke online dan mendorong penjualan, Lazada membekali penjual dengan teknologi AI dan solusi digital yang canggih. Fitur-fitur komprehensif yang tersedia di Lazada mampu meningkatkan visibilitas dan jangkauan produk ke pembeli, sehingga mendorong pembeli untuk berbelanja dari penjual baru.

Fitur Promosi Lazada

Promosi merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian dan membantu memaksimalkan anggaran pembeli melalui penawaran yang lebih baik atau terbatas. Penjual dapat memberikan diskon menarik melalui Flash Sale dan Voucher Toko untuk berinteraksi dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan membangun loyalitas terhadap merek.

Diskon LazKoin

LazKoin mendorong interaksi pengguna, memberikan keuntungan dengan diskon dan hadiah eksklusif untuk pengguna, serta meningkatkan visibilitas produk dan mendorong traffic dan penjualan di toko penjual. Dalam festival belanja Ramadan 2024, Lazada Indonesia mengalami peningkatan pesanan dengan menggunakan LazKoin sebesar 21 kali lipat secara year-on-year (YoY). Hal ini menunjukkan bahwa konsumen semakin pandai memanfaatkan promosi.

Program Gratis Ongkir Spesial Lazada

Dengan voucher gratis ongkir, penjual dapat menarik perhatian calon pembeli, meningkatkan rata-rata pembelian, mengurangi produk yang tidak dibeli di keranjang, serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Menurut hasil riset Lazada[4], gratis ongkir menjadi salah satu dari empat faktor utama yang mendorong pembelian, selain penempatan produk, foto, dan penawaran. Hasil survei menunjukkan bahwa 46% pembeli memilih opsi gratis ongkir saat menjelajahi aplikasi.

Promosi Berbayar Lazada

Dengan rangkaian solusi Lazada, penjual dapat meningkatkan visibilitas brand kepada pembeli, meraih hasil kampanye yang optimal, dan mendapatkan dukungan penting dalam menjelajahi lanskap eCommerce untuk kesuksesan yang berkelanjutan. Pada 2024, lebih dari 600 ribu penjual di seluruh wilayah Asia Tenggara telah menggunakan Promosi Berbayar Lazada dan mendapatkan keuntungan atas investasi (return on investment – ROI) hingga 10 kali lipat.

Berikut adalah beberapa promosi unggulan Lazada:

Sponsored Discovery atau promosi produk secara khusus menargetkan calon pembeli dengan meningkatkan visibilitas toko di pencarian Lazada serta penempatan rekomendasi. Merujuk pada data yang menunjukkan 94% pelanggan membeli produk dari kolom ‘Pencarian’ dan 71% pelanggan membeli dari hasil ‘Rekomendasi’, solusi ini menjadi fitur yang kuat dalam menjangkau audiens yang tepat.

Sponsored Affiliates atau promosi afiliasi memanfaatkan jaringan mitra afiliasi media dan KOL Lazada yang luas untuk memastikan jangkauan calon pembeli yang luas di luar platform. 

Partisipasi dalam Festival Belanja Lazada

Selama Festival Belanja Online Akhir Tahun 12.12 Lazada pada Desember 2023, para penjual lokal di seluruh Asia Tenggara mengalami peningkatan penjualan sebanyak lima kali lipat dalam 12 jam pertama festival belanja, sementara penjual produk elektronik mengalami peningkatan sembilan kali lipat dibandingkan hari biasa. Dengan berpartisipasi dalam festival belanja Lazada, penjual diberikan peluang besar untuk mendapatkan visibilitas di kalangan konsumen dengan minat belanja tinggi, dan mendukung terjadinya peningkatan penjualan yang signifikan bagi penjual. Lima fitur di atas hanyalah contoh dari bagaimana para penjual dapat menggunakan berbagai fitur untuk meningkatkan performa toko mereka di eCommerce.

 “Dengan dukungan teknologi canggih dan terkini yang ada di Lazada, kami akan terus memperbarui dan menghadirkan fitur-fitur untuk membantu para brand dan penjual lokal mengembangkan bisnisnya di platform kami. Lazada sendiri, khususnya Indonesia terus mencatat pertumbuhan jumlah wirausahawan digital yang memang serius ingin mengembangkan bisnisnya di platform kami, dan ini mendorong kami untuk terus menghadirkan fitur dan solusi inovatif untuk brand dan penjual lokal di Lazada,” kata Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata.

Bagi yang tertarik untuk terus mengikuti tips dan trik terbaru, Lazada menyediakan sumber informasi yang bisa diakses secara cuma-cuma untuk para penjual Lazada, terutama melalui Lazada University, pusat pelatihan online di Lazada yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan penjual agar bisa terus berkembang di pasar eCommerce yang bergerak cepat dan dinamis.

Baca Juga: Google Tingkatkan Kemampuan AI Gemini 1.5 Pro, Jauh Lebih Cerdas!

 Baca Juga: Fitur AI ini Bantu Anda Mencari Foto di Google Photos Lewat Suara