Find Us On Social Media :

Snapdragon X Series Tawarkan Kemampuan AI Copilot+ Generasi Terkini

By Adam Rizal, Selasa, 21 Mei 2024 | 16:30 WIB

Snapdragon X Series Tawarkan Kemampuan AI Copilot+ Generasi Terkini

Pada sela-sela peluncuran teknologi Copilot+, Microsoft bersama dengan para produsen peralatan asli (OEM) terkemuka dunia memperkenalkan berbagai PC yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus, sebagai satu-satunya rangkaian PC yang mampu membawa pengalaman Copilot+ di kehidupan sehari-hari. 

Teknologi AI dan efisiensi kinerja terdepan   dari platform-platform ini akan mendukung   kategori baru yang inovatif, sebagaimana peran Copilot+ dalam merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan PC mereka. 

Bersama-sama, Qualcomm Technologies dan Microsoft membawa komputasi cerdas ke tingkat berikutnya yang lebih tinggi sekaligus mentransformasi pengalaman menggunakan PC.Qualcomm Technologies mendobrak kepemimpinan kinerja pada ekosistem PC Windows melalui rancangan NPU terdepan dengan dukungan Snapdragon X Elite yang memberikan kinerja NPU per watt tertinggi untuk laptop, hingga 2,6X vs.

M3 dan hingga 5,4X dibandingkan prosesor   Core Ultra 7.1  Dengan arsitektur Qualcomm  Hexagon NPU yang terintegrasi, Snapdragon X Elite dapat menghadirkam performa   tertinggi hingga 24 TOPS/watt untuk menjalankan penggunaan seperti fitur Super Resolution.

Selain itu, dengan CPU Qualcomm Oryon, Snapdragon X Elite memimpin dalam performa per watt, setara dengan performa puncak CPU dari para PC pesaing namun dengan daya 60% lebih rendah.

“Ini adalah  era baru dari PC, dimana kami berkolaborasi dengan Microsoft menggabungkan kekuatan Snapdragon Seri X dan kekuatan Copilot+ untuk menghadirkan kemampuan AI inovatif  yang mendefinisikan kembali pengalaman   komputasi personal – semuanya dengan kinerja terdepan di industri dan baterai yang   dapat tahan hingga berhari-hari,” tutur  Alex Katouzian, Group General Manager, Mobile, Compute & XR, Qualcomm Technologies. 

“Hari ini, para mitra OEM global kami meluncurkan PC dengan Copilot+ pertama yang secara eksklusif ditenagai oleh   Snapdragon X Series pada pilihan desain   dan  rentang harga yang beragam. Kami bangga dapat mewujudkan peralihan industri ini, yang menjadikan PC Windows sebagai   yang terdepan dalam teknologi, dan   memungkinkan pengguna untuk mendorong berbagai batasan dalam produktivitas, kreativitas, dan hiburan," ujarnya.

“PC Copilot+ yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon X Series menghadirkan kinerja per watt yang unggul pada ekosistem Windows, sekaligus mendukung pengalaman AI yang inovatif serta masa pakai baterai yang luar biasa,” ungkap Pavan Davuluri, Corporate Vice President, Windows + Devices untuk Microsoft.

“Ini adalah titik perubahan bagi ekosistem PC Windows yang dimungkinkan oleh kemitraan mendalam kami dengan Qualcomm. Saya sangat senang bisa meluncurkan pengalaman dan perangkat   Copilot+ PC yang inovatif bersama   Snapdragon, termasuk Surface, yang memiliki kinerja dan efisiensi energi terdepan," ujarnya.

Peluncuran PC Copilot+ yang ditenagai Snapdragon X Elite dan X Plus pada hari ini meliputi:

● Acer  memperkenalkan  Swift   14   AI,  yang   menawarkan   pengalaman   AI   baru   untuk mendukung tugas komputasi sehari-hari. Menggabungkan platform Snapdragon X Series yang kuat, kemampuan Copilot+ di Windows 11, dan berbagai solusi terkini seperti Acer PurifiedView 2.0 dan Acer PurifiedVoice 2.0, Swift 14 AI memanfaatkan AI  dengan mulus untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Produk ini menawarkan opsi dengan  tampilan   layar   sentuh  2,5K   untuk  visual   yang  imersif.   Tampilannya  semakin menonjol   dengan   desain   eksklusif   Copilot+  PC,   yang  menampilkan  logo   AI  unik  di sampul dan Indikator Aktivitas di touchpad.

● ASUS menggabungkan Snapdragon X Elite dan X Plus ke dalam ASUS Vivobook S 15 yang menandai perubahan paradigma dalam komputasi personal, menghadirkan kekuatan dan efisiensi AI  yang belum pernah  terjadi sebelumnya. Berkat  45 NPU  TOPS yang terintegrasi dan TDP 45W yang tak tertandingi, serta didukung oleh teknologi ASUS IceCool Thermal, pengguna akan menikmati pemrosesan AI pada perangkat yang sangat cepat, sekaligus memungkinkan optimalisasi fitur-fitur PC bertenaga AI Copilot+ masa kini. ASUS Vivobook S 15 menawarkan produktivitas minim distraksi lebih dari 18 jam melalui keunggulan layar OLED 15,6 inci 3K 120 Hz. Semua ini menggabungkan desain produk yang  ramping   dan   serangkaian   port I/O   lengkap,   menjadikannya   pendamping serbaguna saat bepergian. Info lebih lanjut mengenai ASUS Vivobook S 15 tersedia di sini.

● Dell  kini   menawarkan   lima   laptop   baru  yang   ditenagai   Snapdragon   X   Elite  dan Snapdragon X Plus. Dengan portofolio komprehensif untuk penggunaan konsumen dan komersial,  XPS  13, Inspiron  14 Plus,  Inspiron 14,  Latitude 7455,  dan  Latitude 5455 menghadirkan kecepatan luar biasa, kinerja AI, dan masa pakai baterai inovatif untuk meningkatkan komputasi dan mengefisiensikan tugas. Perangkat baru ini juga dilengkapi NGAI, memungkinkan pengalaman AI pada PC yang transformatif. Klik  di sini  untuk mempelajari lebih lanjut.● HP menghadirkan rangkaian PC AI generasi terkini yang dirancang dan didesaindengan prosesor Snapdragon X Elite dan Neural Processing Unit (NPU) khusus, dimana mampu melakukan 45 triliun operasi per detik (TOPS) untuk menjalankan model bahasa dan AI generatif   secara   lokal.   HP   OmniBook   X   AI   PC   dan   HP   EliteBook   Ultra   AI   PC menghadirkan   daya   lebih   besar   dalam  balutan   desain   yang ramping,   ultra-tipis,   dan mengagumkan.  Ini menjadi  produk   PC   berteknologi  AI   paling  canggih   dengan   masa pakai   baterai   hingga   26   jam,   pengisian   daya   cepat,   dan   pengoptimalan   AI   aktif. Begitupun pada perangkat untuk produktivitas yang lebih besar, HP EliteBook Ultra, juga menghadirkan fitur tambahan untuk pelanggan komersial, termasuk dukungan Wolf Pro Security Next Gen Antivirus (NGAV) untuk melindungi PC hingga tingkat  firmware, yang dilengkapi fitur keamanan perangkat keras untuk melindungi kredensial pengguna dan data penting lainnya, Microsoft Secured-Core PC (teknologi keamanan chip-to-cloud yang   memberikan   identitas   aman,   pengesahan  aman,   dan   layanan   kriptografi),   serta garansi tiga tahun. Konsumen dapat memesan segera Omnibook X di sini dan mengulik lebih jauh EliteBook Ultra di sini.

● Lenovo memperkenalkan Lenovo Yoga Slim 7x dan Lenovo ThinkPad T14s Gen 6, PC AI pertamanya yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite. Kedua laptop ini menawarkan performa PC per  watt  terbaik dan pemrosesan AI berbasis NPU yang cepat hingga 45 triliun   operasi   per   detik   (TOPS).   Penyempurnaan   Windows   11   dan   Copilot+ memungkinkan   akses   ke   kemampuan   LLM   secara  offline,   meningkatkan   kreativitas, produktivitas, dan keamanan. Yoga Slim 7x dan ThinkPad T14s Gen 6 menghadirkan fitur PC AI yang inovatif, memastikan pengalaman pengguna dan bisnis yang futuristik dan efisien. Cari tahu lebih lanjut tentang PC AI terbaru Lenovo di sini.

● Microsoft   Surface:   Laptop   Surface   terbaru   merupakan   varian   Surface   tercepat   dan terpintar yang pernah ada. Kini, dalam desain laptop modern yang diperbarui dengan bezel setipis silet, tampilan layar sentuh cemerlang, kamera yang disempurnakan dengan AI, dan  touchpad  dengan sensitivitas yang merata  di  seluruh permukaannya (haptic). Perpaduan tersebut memberikan kinerja luar biasa, masa pakai baterai yang sangat lama, dan   pengalaman   AI   baru   yang   didukung   oleh   prosesor   Snapdragon   X   Elite   dan Snapdragon X Plus. Konsumen dapat memilih antara layar 13,8” dan 15” serta empat pilihan warna menakjubkan. Surface Pro yang  serba baru adalah laptop  2-in-1  paling fleksibel, yang kini didesain ulang dengan kecepatan dan daya tahan baterai lebih tinggi untuk pengalaman AI serba baru, serta didukung oleh X Elite dan X Plus. Laptop ini mengusung   teknologi   OLED   opsional   baru   dengan   layar   HDR   dan   kamera   bidang pandang ultrawide yang sempurna untuk Windows Studio Effects. Selain itu, fitur Flex Keyboard terbaru memungkinkan pengguna memposisikan Surface Pro dan keyboard di tempat   yang  sesuai  dengan  preferensi  kenyamanan,  serta  dirancang  untuk  digunakan secara terpasang maupun terpisah. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut.

● Samsung: Samsung Galaxy Book4 Edge dilengkapi dengan integrasi AI hybrid mutakhir, serta ditenagai oleh Snapdragon X Elite tercepat dan terkuat untuk laptop yang didukung oleh daya komputasi 45 TOPS NPU. Perangkat ini tergabung ke dalam ekosistem Galaxy AI yang paling terhubung. Dengan pilihan ukuran layar Dynamic AMOLED 2X 14 inci dan 16 inci, Galaxy Book4 Edge menghadirkan tingkat kreativitas dan produktivitas baru serta mendobrak hambatan komunikasi dengan kemampuan intuitif dan perintah bahasa sederhana. Perangkat ini juga menghadirkan fitur-fitur Galaxy AI yang disukai seperti Circle to Search with Google, Live Translate, dan Chat Assist ke tampilan PC yang lebih  luas. Rasakan komputasi AI canggih dan terpersonalisasi yang selangkah lebih maju  di sini.Untuk mempelajari lebih lanjut tentang rangkaian platform.

Baca Juga: Murah! Starlink Tebar Diskon Berlangganan 40 Persen di Indonesia