Find Us On Social Media :

Cloudera Rilis Data-in-Motion, Fasilitasi Data Streaming di Kubernetes

By Liana Threestayanti, Rabu, 22 Mei 2024 | 10:00 WIB

Cloudera umumkan ketersediaan produk Data-in-Motion, untuk jalankan data streaming di platform Kubernetes.

Cloudera baru-baru ini mengumumkan ketersediaan produk-produk Data-in-Motion berupa Cloudera Flow Management - Kubernetes Operator dan Cloudera Streaming - Kubernetes Operator. 

Produk baru ini memungkinkan perusahaan menjalankan klaster Apache NiFi, Apache Kafka, dan Apache Flink pada platform Kubernetes, seperti Red Hat OpenShift.

Kubernetes Operators ini memungkinkan pelanggan mengaktifkan dan mengelola kemampuan data streaming sepenuhnya di klaster Kubernetes yang sudah ada. Manfaat yang dijanjikan berupa manajemen sumber daya yang otomatis dan efisien, serta pengaturan dan operasional yang lebih sederhana.

Dengan Data-in-Motion, Cloudera menawarkan menciptakan konektivitas tanpa gangguan di antara berbagai aset data enterprise, menyediakan data streaming dan insight secara real-time kepada berbagai sistem atau aplikasi. Cloudera Flow Management - Kubernetes Operator dan Cloudera Streaming - Kubernetes Operator juga digadang-gadang dapat membantu mengurangi biaya operasional dengan memanfaatkan pola operator yang sudah dikenal oleh pengguna Red Hat OpenShift.

Menurut Chief Product Officer Cloudera, Dipto Chakravarty, Cloudera merupakan salah satu yang pertama menawarkan operator dan dukungan komersial kepada perusahaan yang akan menjalankan Apache NiFi untuk otomatisasi data flow di atas Red Hat OpenShift. 

“Pelanggan Cloudera Flow Management dan pengguna open source yang beralih ke operator Kubernetes akan segera merasakan manfaat dari auto scaling flows serta kemudahan pengaturan dan operasional cluster,” janji Dipto Chakravarty.

Red Hat, yang dikenal atas komitmennya terhadap teknologi open-source di lingkungan hybrid cloud, menyambut baik kolaborasi dengan Cloudera. Tushar Katarki, Senior Director Product Management, Red Hat, menekankan pentingnya penerapan streaming pipelines untuk mempercepat proyek inovasi dan skala pada Red Hat OpenShift.

Matthias Broecheler, CEO & Founder DataSQRL, juga memuji inisiatif Cloudera, khususnya dengan menyatakan bahwa Streaming Kubernetes Operator yang baru menyederhanakan pengelolaan teknologi dasar yang dibutuhkan untuk produk data streaming dan aplikasi AI real-time.

Produk-produk Data-in-Motion Cloudera saat ini masih berada dalam fase tech preview dan dijadwalkan akan tersedia secara umum pada paruh kedua tahun 2024. Untuk mulai memanfaatkannya, pelanggan dapat mengunduh binary dari repository Cloudera, kemudian menginstalasi Kubernetes Operator di klaster Red Hat OpenShift dan mulai membuat klaster NiFi, Kafka, atau Flink sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cloudera, ADI Tawarkan Konsultasi & Implementasi AI untuk 2 Sektor Ini