Find Us On Social Media :

Microsoft Hadirkan Asisten AI Team Copilot Tingkatkan Produktivitas

By Adam Rizal, Rabu, 22 Mei 2024 | 13:00 WIB

Kini Microsoft Teams Premium Terintegrasi dengan ChatGPT

Microsoft Copilot telah menjadi game-changer bagi banyak orang sejak pertama kali dirilis.  AI Copilot sendiri berbasis bahasa besar (LLM) seperti GPT-4 Open AI dan sukses membantu orang-orang dalam tugas kompleks, berfungsi sebagai asisten AI pribadi di belakang layar.

Microsoft memperkenalkan Team Copilot, perluasan Copilot for Microsoft 365 yang semula merupakan asisten AI pribadi di balik layar, menjadi anggota baru yang berharga di tim Anda. Anda akan dapat memanggil Copilot di mana Anda berkolaborasi – di Teams, Loop, Planner, dan lainnya. Team Copilot dapat berfungsi sebagai fasilitator rapat, mengelola agenda, memonitor durasi pertemuan, dan membuat notulensi. Ia dapat bertindak sebagai kolaborator dalam obrolan dengan menampilkan informasi penting, melacak daftar pekerjaan, dan menangani masalah yang belum terselesaikan. 

Microsoft Team berfungsi sebagai manajer proyek untuk membantu memastikan setiap proyek berjalan dengan lancar dan memberi tahu tim ketika mereka perlu memberikan masukan. Pengalaman awal ini, yang akan tersedia dalam mode pratinjau di akhir tahun ini, akan memungkinkan kita untuk belajar, mengulangi, dan menyempurnakan seiring dengan dimulainya fase baru inovasi di mana Copilot mulai mengambil lebih banyak tindakan atas nama individu dan tim.

Sementara itu Microsoft Copilot Studio memperkenalkan kemampuan agen baru, memberdayakan developer untuk membangun copilot yang dapat secara proaktif merespons data dan peristiwa yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi tertentu. Copilot yang dibangun dengan kategori kemampuan baru ini kini dapat secara mandiri mengelola proses bisnis yang kompleks dan lama dengan memanfaatkan memori dan pengetahuan terkait konteks, alasan atas tindakan dan masukan, belajar dari umpan balik pengguna, dan meminta bantuan ketika mereka menghadapi situasi yang sulit ditangani. 

Pengguna dapat meminta Copilot untuk bekerja bagi mereka mulai dari pengadaan perangkat IT hingga menjadi resepsionis, untuk melayani penjualan dan layanan bagi pelanggan. Ekstensi Copilot, termasuk plugin dan konektor, memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan Microsoft Copilot dengan menghubungkannya ke sumber data dan aplikasi baru, memperluas fungsionalitasnya.

Copilot dapat membagikan pengumuman ini dan semua pembaruan serta fitur lainnya yang diluncurkan di Build. Untuk informasi lebih lanjut, hari ini Anda dapat menonton keynote dari Chairman dan CEO Microsoft Satya Nadella, Executive Vice President of Experiences and Devices Rajesh Jha, dan Chief Technology Officer Kevin Scott.

Baca Juga: Microsoft Build Bantu Developer Makin Berkembang dengan Fitur AI