Find Us On Social Media :

Qualcomm Percepat Inovasi Aplikasi PC AI dengan Snapdragon Dev Kit

By Adam Rizal, Rabu, 22 Mei 2024 | 13:30 WIB

Qualcomm Percepat Pengembangan Aplikasi PC AI dengan Snapdragon Dev Kit

Di tengah berlangsungnya ajang Microsoft   Build, Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan peluncuran Snapdragon Dev Kit untuk Windows, yakni sebuah sistem komputasi ringkas yang dibekali oleh Snapdragon X Elite, serta didesain secara khusus untuk para pengembang untuk menciptakan atau mengoptimalkan aplikasi dan pengalaman PC AI generasi berikutnya.

Seiring banyaknya laptop bertenaga   Snapdragon X Series yang akan dirilis ke   pasar, para pengembang dapat mengakses berbagai teknologi mutakhir dengan dukungan platform Snapdragon X Elite,   sehingga mereka dapat berkreasi dengan   perangkat lunak dari AI yang dioptimalkan sepenuhnya. 

Melalui rantai alat Snapdragon yang khusus untuk Windows, termasuk Visual Studio/VSCode serta berbagai runtime,  library, dan framework lainnya sebagai platform pengembangan, Dev Kit ini memudahkan para pengembang untuk menyesuaikan dan mengkompilasi ulang seluruh aplikasi bawaan tersebut, sehingga  dapat  memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna PC. 

Snapdragon Dev kit untuk Windows ini dilengkapi dengan prosesor Snapdragon X Elite Developer Edition dengan kecepatan kinerja yang telah ditingkatkan, serta serangkaian port dan desain yang dirancang kompatibel dengan sistem multi-monitor.

"Kami sangat antusias dengan peluncuran Snapdragon Dev Kit untuk Windows 11," ujar  Pavan Davuluri, Corporate Vice President,   Windows + Devices, Microsoft.

"Melalui kehadiran Snapdragon X Elite SoC yang dibuat khusus untuk pengembang, lengkap dengan 45 TOPS NPU, serta desain fisik yang mudah dirakit, perangkat ini dirancang sebagai dev box harian para pengembang yang mampu memberikan performa maksimal dan fleksibilitas yang diperlukan," katanya.

"Snapdragon Dev Kit untuk Windows ini dirancang khusus untuk mempercepat penerapan aplikasi AI di perangkat PC   generasi berikutnya," ujar Kedar Kondap,   Vice President Senior dan General Manager   of Computer and Gaming, Qualcomm   Technologies, Inc.   

"Sistem ini memberikan akses kepada para pengembang untuk menggunakan CPU Qualcomm® Oryon dan 45 TOPS NPU kami yang canggih, sehingga mereka dapat menciptakan aplikasi berbasis AI terbaik di masa depan," ujarnya.

Snapdragon  Dev  Kit  untuk  Windows   tersedia  untuk  pre-order  mulai  hari  ini, dan segerara siap dipasarkan secara luas pada 18 Juni 2024 mendatang dengan harga $899.99.

Baca Juga: Microsoft Build Bantu Developer Makin Berkembang dengan Fitur AI

 Baca Juga: Microsoft Hadirkan Asisten AI Team Copilot Tingkatkan Produktivitas