Find Us On Social Media :

Google Tingkatkan Kemampuan AI dengan Hadirkan Iklan ke AI Overviews

By Adam Rizal, Jumat, 24 Mei 2024 | 13:00 WIB

Ilustrasi Google AI

Google akan menghadirkan iklan dalam AI Overviews di Search untuk pengguna di Amerika Serikat. Dalam postingan blog di Keyword, Google ingin memberikan rekomendasi produk yang relevan berdasarkan kueri pencarian pengguna dan informasi yang dikumpulkan oleh AI Google.

Nantinya, Google akan menempatkan iklan di bagian "Sponsored" dalam AI Overviews sehingga tampilan iklan akan jelas terpisah dari hasil pencarian organik. Iklan itu hanya akan muncul jika sesuai dengan kueri pengguna dan informasi AI. Misalnya, pencarian "cara menghilangkan kerutan dari pakaian" mungkin memicu iklan produk terkait.

Google menyatakan pengiklan tidak perlu mengambil tindakan tambahan agar iklan l muncul, karena iklan akan diambil dari kampanye Search, Performance Max, dan Standard Shopping yang sudah ada. Keputusan itu diambil didasarkan pada umpan balik positif dari pengujian fitur SGE (Search Generative Experience) sebelumnya, di mana pengguna menemukan iklan di atas dan di bawah AI Overviews sangat membantu.

Integrasi iklan ke dalam AI Overviews merupakan upaya terbaru Google untuk meningkatkan kemampuan pencarian dengan AI generatif. Uji coba AI Overviews bertujuan  memberikan jawaban ringkas dan informatif untuk kueri kompleks dengan mengkonsolidasikan informasi dari berbagai sumber web.

Dalam konferensi I/O 2024, Google mengungkapkan beberapa fitur AI generatif mendatang untuk Search dan AI Overviews, termasuk kemampuan memahami pertanyaan kompleks tanpa memecahnya dan opsi untuk menyesuaikan AI Overviews dengan bahasa sederhana atau penjelasan rinci. Fitur-fitur ini akan segera diluncurkan kepada penguji Search Labs di AS yang menggunakan bahasa Inggris.

Walaupun belum ada tanggal pasti untuk peluncuran iklan di AI Overviews, langkah ini menandai evolusi signifikan dalam iklan pencarian. Dengan mengintegrasikan iklan ke dalam AI Overviews, Google berupaya mengubah permainan periklanan dalam lanskap teknologi berbasis AI.

Baca Juga: Fitur AI ini Mampu Menghapus Objek dan Efek Blur pada Adobe Lightroom

 Baca Juga: Gandeng Microsoft, Kini Truecaller Mampu Menjawab Telepon Pakai AI