Find Us On Social Media :

Tingkatkan Skill ChatGPT, OpenAI Bayar Rp4 T Supaya Dapat Akses Berita

By Adam Rizal, Minggu, 26 Mei 2024 | 09:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI dan News Corp yang memiliki The Wall Street Journal, MarketWatch, The Sun, dan lainnya telah mencapai kesepakatan multi-tahun untuk menampilkan berita di ChatGPT. Sebagai gantinya, OpenAI akan mendapatkan akses ke konten terbaru dan arsip dari publikasi News Corp serta menggunakan datanya untuk melatih model AI.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa News Corp akan menerima USD 250 juta atau sekitar Rp4 triliun selama lima tahun dalam bentuk tunai dan kredit.

“Era digital ditandai dengan dominasi distributor, seringkali dengan mengorbankan pencipta, dan banyak perusahaan media yang tersapu oleh gelombang teknologi yang tiada henti. Tanggung jawab sekarang ada pada kita untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” kata Kepala Eksekutif News Corp, Robert Thomson.

Sejak OpenAI merilis ChatGPT pada akhir 2022, popularitas AI generatif meningkat tetapi  kualitas yang diberikan ChatGPT sangat bergantung pada data yang melatih model AI-nya.

Hingga kini, perusahaan AI melatih model AI-nya dengan menggunakan data yang tersedia secara publik dari internet, seringkali tanpa persetujuan pembuatnya. Akhir-akhir ini, perusahaan AI telah membuat kesepakatan finansial dengan industri berita untuk memastikan bahwa model AI dilatih berdasarkan informasi yang kredibel dan terkini. 

Dalam beberapa bulan terakhir, OpenAI telah bermitra dengan Reddit, Financial Times, Dotdash Meredith, Associated Press, penerbit Jerman Axel Springer, dan Prisa Media dari Spanyol. Bulan lalu, News Corp juga mencapai kesepakatan senilai USD 5 juta hingga USD 6 juta dengan Google untuk melatih model AI mereka.

Apa itu ChatGPT-4o

ChatGPT-4o adalah versi terbaru dari sistem LLM buatan OpenAI. Huruf “o” itu sendiri berasal dari kata Omni alias menyatu. Pemilihan nama ini tidak lepas dari teknik di belakang ChatGPT-4o yang menggunakan satu model untuk memproses input suara, teks, dan gambar. Hal ini membuat ChatGPT-4o lebih cepat dibanding ChatGPT versi sebelumnya. Contohnya, ChatGPT-4o bisa merespon audio input dengan kecepatan rata-rata 320 milliseconds, alias tidak berbeda dengan respon manusia.  

Peningkatan kecepatan ini membuat implementasi ChatGPT-4o menjadi semakin beragam. Dalam demonya, ditunjukkan bagaimana ChatGPT-4o bisa menerjemahkan secara real-time pembicaraan dua orang yang berbicara dengan bahasa Inggris dan Italia.

Hal menarik lainnya adalah ChatGPT-4o bisa digunakan secara gratis oleh seluruh pengguna. Sebagai perbandingan, sebelumnya OpenAI hanya menyediakan ChatGPT versi terbaru untuk pengguna berbayar. Perbedaan antara pengguna berbayar dan gratisan kini adalah kapasitasnya, di mana pengguna berbayar akan mendapatkan kapasitas 5x lebih besar. 

Bagaimana saya bisa menggunakan ChatGPT-4o

Saat ini, ChatGPT-4o sudah bisa digunakan di chatgpt.com. Anda tinggal login dan ketikkan pertanyaan Anda.

Sedangkan untuk jenis-jenis pemanfaatan ChatGPT-4o, berikut adalah beberapa contoh yang diberikan OpenAI.

1. Sebagai penerjemah

Berkat kemampuan memproses suara dengan lebih cepat, ChatGPT-4o kini bisa digunakan sebagai penerjemah real-time. Kita bisa bicara dengan bahasa yang kita kuasai, lalu diterjemahkan ke bahasa Inggris, Spanyol, atau bahasa lain dengan real-time. 

 2. Sebagai pengajar matematika

Sebenarnya ChatGPT versi sebelumnya sudah bisa membantu kita belajar matematika. Namun yang membuat ChatGPT-4o ini berbeda adalah, dia bisa “melihat” pertanyaan matematika di layar smartphone atau notebook kita. Setelah itu, ChatGPT-4o dapat menuntun kita menyelesaikan soal matematika tersebut.

 3. Belajar bahasa asing

Mengandalkan kemampuan mengenali objek di foto/video, kita bisa menjadikan ChatGPT-4o untuk belajar bahasa asing. Cukup arahkan kamera ke benda di sekeliling kita, lalu minta ChatGPT-4o untuk menyebutkan nama benda tersebut di bahasa yang ingin kita pelajari.

4. Belajar wawancara pekerjaan

Jika Anda sedang bersiap untuk melakukan wawancara kerja, ChatGPT-4o juga bisa membantu Anda berlatih. Anda bisa minta ChatGPT bertindak sebagai pewawancara dan menanyakan Anda pertanyaan terkait diri atau pengalaman kerja Anda. Dengan begitu, Anda akan siap menjelaskan pekerjaan Anda.

Baca Juga: Alibaba Cloud Tambahkan Investasi Global Mendorong Inovasi AI