Find Us On Social Media :

Dapat Update AI, Kini Adobe Acrobat Mampu Merangkum Dokumen

By Adam Rizal, Senin, 27 Mei 2024 | 10:00 WIB

Dapat Update AI, Kini Adobe Acrobat Mampu Merangkum Dokumen

Adobe menambahkan update fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang memungkinkan Adobe Acrobat mampu merangkum dokumen. Hal itu diungkapkankan Google dalam konferensi pengembang Google I/O 2024, yang menyoroti kemajuan teknologi AI.

Google memamerkan berbagai proyek AI, termasuk bagaimana perusahaan lain memanfaatkan alat AI untuk meningkatkan aplikasi populer. Salah satu inovasi utama adalah Gemini Nano yang merupakan varian lebih kecil dan efisien dari teknologi chatbot Gemini AI yang dapat berjalan langsung di ponsel.

Gemini Nano menawarkan kapasitas yang ringan dan memungkinkan HP melakukan tugas seperti merangkum teks atau menyarankan balasan dalam pesan tanpa membutuhkan banyak daya pemrosesan atau mengirim data ke cloud. Teknologi ini sudah digunakan untuk merangkum rekaman suara dan merekomendasikan balasan dalam aplikasi pesan, dengan potensi yang semakin luas.

Mishaal Rahman dari Android Authority melaporkan bahwa Google memperkenalkan alat baru bernama AICore yang memudahkan pengembang aplikasi menggunakan Gemini Nano. AICore menangani aspek teknis, sehingga pengembang bisa fokus pada fitur baru. Adobe menjadi salah satu perusahaan pertama yang menggunakan AICore untuk memperbarui Acrobat dengan fitur-fitur canggih.

Dengan pembaruan ini, pengguna Adobe Acrobat di Android dapat membuka PDF dan mendapatkan ringkasan dokumen serta mengajukan pertanyaan tentang isinya. Dalam demonstrasi di keynote Google I/O, AI Assistant berhasil merangkum dokumen 20 halaman dan menjawab pertanyaan dengan cepat dan akurat.

Sebagian besar pemrosesan masih akan terjadi di cloud, namun banyak fitur baru didukung oleh Gemini Nano langsung di ponsel pengguna, memberikan respons lebih cepat dan hemat data. Dokumen yang lebih pendek kemungkinan besar akan diproses oleh Gemini Nano.

Selain itu, Google sedang mengembangkan versi baru Gemini Nano yang dapat memahami gambar dan audio, membuka kemungkinan fitur baru dalam berbagai aplikasi. Google berencana merilis versi canggih Gemini Nano ini bersamaan dengan peluncuran ponsel Pixel 9 baru mereka.

Dengan fitur-fitur AI baru ini, masa depan aplikasi mobile diprediksi akan menjadi lebih pintar dan membantu, menarik untuk melihat bagaimana aplikasi akan berkembang dalam memahami dan berinteraksi dengan pengguna di masa depan.

Baca Juga: WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur AI Pembuat Foto Profil Pengguna

 Baca Juga: Tingkatkan Skill ChatGPT, OpenAI Bayar Rp4 T Supaya Dapat Akses Berita