Find Us On Social Media :

Bukan Samsung, Huawei Sukses Rajai Pasar HP Lipat di Dunia Q1 2024

By Adam Rizal, Senin, 3 Juni 2024 | 13:00 WIB

HP lipat Huawei Mate X5

Huawei berhasil merajai pasar HP lipat di dunia pada kuartal pertama 2024 dengan pangsa pasar 35 persen. Huawei sukses mengalahkan Samsung yang berada di peringkat ke dua dengan pangsa pasar 23 persen.

Tentunya laporan firma riset Counter Point cukup mengejutkan karena Samsung lah yang pertama kali memperkenalkan HP lipat dan menghadirkan banyak varian HP lipat seperti fold dan flip series. Belum lagi, Huawei harus mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat (AS) yang menghambat produksi dan penjualannya.

Dibandingkan dengan kuartal pertama 2023, Huawei mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 257 persen. Sedangkan, Samsung justru mengalami penurunan 42 persen. Pertumbuhan Huawei ini sebagian besar didorong oleh penjualan di Tiongkok, berkat peluncuran Mate X5 dan dukungan 5G yang telah lama ditunggu.

Honor, mantan sub-unit Huawei, berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 12 persen dan pertumbuhan 460 persen dibandingkan Q1 2023. Produk mereka, Honor Magic V2, menjadi HP lipat terlaris di Eropa Barat pada Q1 2024. Motorola berada di posisi keempat dengan pangsa pasar global 11 persen dan pertumbuhan 1.473 persen, didorong oleh kesuksesan lini Motorola Razr di Amerika Utara.

Secara keseluruhan, pangsa pasar ponsel lipat global meningkat sekitar 49 persen secara year-on-year pada kuartal pertama 2024. Namun, peta persaingan ini dapat berubah dengan rencana peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 oleh Samsung.

Spesifikasi Huawei Mate X5

Huawei Mate X5 menggunakan chipset Kirin 9000scSoC seperti yang digunakan Mate 60 Series. Chip ini dibuat di Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC) dengan pabrikasi 7 nm dan mendukung 5G.

Kehadiran chip Kirin 9000s SoC mengejutkan banyak pejabat pemerintah AS. Sebab peraturan ekspor AS melarang Huawei, tanpa izin khusus, memperoleh chip mutakhir dari pabrikan mana pun yang menggunakan suku cadang buatan Amerika untuk memproduksi komponen tersebut.

Selain itu, untuk memproduksi chip 7nm, pabrikan chip biasanya menggunakan mesin litografi ultraviolet ekstrim (EUV) untuk mengetsa pola sirkuit pada wafer silikon. Hanya satu perusahaan di dunia, perusahaan Belanda ASML, yang membuat mesin ini dan perusahaan tersebut mendukung tuntutan AS untuk tidak mengirimkan mesin EUV apa pun ke China.

Huawei Mate X5 punya dua layar. Layar bagian luar berukuran 6,4 inch dengan panel OLED LTPO, resolusi 1.080 x 2.504 pixel, refresh rate 120Hz dan aspek rasio 20,9:9. Sementara di bagian dalam pakai panel OLED LTPO berukuran 7,85 inch dengan resolusi 2.224 x 2.496 pixel dan adaptive refresh rate 120Hz.

Kedua layar Mate X5 memiliki dukungan 1,07 miliar warna, menawarkan gambar yang nyata. Selain itu, terdapat dukungan gamut warna lebar P3, membuat setiap gambar di layar tampak cerah dan kaya detail. Dan Huawei telah menggunakan kaca Kunlun untuk perlindungan, sehingga meningkatkan daya tahan secara keseluruhan.

Dari segi dimensi, Mate X5 dilipat menjadi bentuk yang ringkas, yakni berukuran 156,99 x 72,4 x 11,08 mm. Dan dalam keadaan terbuka, X5 berukuran 156,9 x 141,5 x 5,3 mm. Dari segi bobot, model kulit Vegan sekitar 243 gram, sedangkan pilihan warna Sand sekitar 245 gram. Huawei tidak berkompromi sedikit pun dalam hal konfigurasi kamera Mate X5. Di bagian belakang, perangkat ini dilengkapi dengan kamera utama 50MP ditemani sensor ultra-wide 13MP dan sensor telefoto periskop 12MP.

Untuk menangani selfie dan panggilan video, Huawei Mate X5 hadir dengan kamera 8MP di layar dalam dan sensor 8MP lainnya di layar cover. Kamera perangkat memiliki pengenalan wajah 2D, yang berfungsi bahkan saat Anda mengenakan masker. Selain itu, mereka memiliki dukungan untuk stabilisasi OIS/AIS, memungkinkan pengguna mendapatkan video yang stabil dan lancar.

Soal dapur pacu, HUawei Mate X5 disokong Kirin 9000S yang dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan memori internal punya kapasitas sampai 1 TB. HP ini menjalankan Harmony OS 4.0. HP ini mengadopsi desain antena serba baru yang diklaim menawarkan penerimaan sinyal lebih baik. Antena Lingxi Huawei dilengkapi algoritma AI yang memilih jaringan optimal untuk memastikan konektivitas optimal. Antena di sekitar bingkai perangkat juga dilengkapi teknologi penyetelan mode ganda untuk kualitas sinyal yang lebih baik.

Huawei Mate X5 mengemas baterai 5060mAh, yang lebih dari cukup untuk menawarkan layar yang layak tepat waktu dengan muatan penuh. Dan dalam hal pengisian daya, perangkat ini memiliki dukungan pengisian kabel cepat 88W. Berkat itu, baterai akan terisi dari 0% hingga 100% dengan sangat cepat. Tak kalah pentingnya Mate X5 mendapatkan sertifikat IPX8 artinya tahan air. Uniknya lagi HP layar lipat ini dibekali kontrol gerakan tanpa sentuhan.

Huawei Mate X5 tersedia dalam berbagai pilihan warna. Ada Feather Sand White, Sand Black, Sand Gold, Phantom Purple dan Ayoma Di, yang hadir dengan lapisan kulit vegan. Saat ini Huawei sudah membuka pre-order. Sayangnya mereka belum mengungkap harga Mate X5.

 

 

 

Baca Juga: Meluncur Juli 2024, Samsung Tambahkan Fitur Lost Mode ke Galaxy Ring