Find Us On Social Media :

Meluncur 10 Juli, Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Lolos TKDN

By Adam Rizal, Rabu, 5 Juni 2024 | 13:30 WIB

Meluncur 10 Juli, Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Sudah Lolos TKDN

Samsung akan meluncurkan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 pada Juli 2024, menyusul kedua HP lipat flagship itu telah muncul di situs TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) Kementerian Perindustrian RI. Di situs itu, ada dua HP terbaru Samsung dengan kode SM-F741B dan SM-F956B. Menurut BIS (Badan Sertifikasi Ponsel India), kode SM-F741B merujuk pada Galaxy Z Flip 6 dan data dari Geekbench mengidentifikasi SM-F956B sebagai Galaxy Z Fold 6.

SM-F741B sendiri sudah mendukung koneksi 5G dan memperoleh nilai TKDN sebesar 36,10 persen. Sedangkan, SM-F956B juga sudah mendukung koneksi 5G dan mendapatkan skor TKDN 37,50 persen. Meskipun Samsung belum memberikan teaser resmi untuk penerus Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5, bocoran tentang kedua ponsel ini sudah banyak beredar di dunia maya.

Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 akan diluncurkan di Paris pada 10 Juli. Seorang tipster Ice Universe baru-baru ini membagikan foto depan Galaxy Z Fold 6 yang menunjukkan desain lebih kotak dan lebar dibandingkan Galaxy Z Fold 5. Galaxy Z Fold 6 memiliki sudut yang lebih tajam, mengingatkan pada desain Galaxy S24 Ultra.

Samsung Galaxy Z Flip 6 akan akan memiliki baterai yang lebih besar dan peningkatan kamera utama dari 12 MP menjadi 50 MP. Kedua HP itu akan mengusung chip Snapdragon 8 Gen 3. Samsung Galaxy Z Fold 6 menawarkan kemampuan kamera terbaik dan kameranya lebih unggul dibandingkan Samsung Galaxy S24 series. Saat ini persaingan HP lipat sangat sengit di pasar dan harganya yang mahal membuat konsumen menjadi lebih pintar dan mencari yang terbaik. Para konsumen menuntut kualitas kamera yang lebih tinggi pada HP kelas premium.

Ice Universe membocorkan Samsung Galaxy Z Fold 6 memiliki konfigurasi kamera yang sama dengan Galaxy Z Fold 5, termasuk kamera utama 50MP, kamera ultrawide 12MP, kamera telefoto 3x 10MP, kamera di bawah layar 4MP, dan kamera cover 10MP. Namun, tipster @kro_roe menyebutkan bahwa Galaxy Z Fold 6 akan memiliki susunan kamera yang lebih baik dibandingkan Galaxy S24.

Walaupun @kro_roe belum mengungkapkan detail spesifik, rumor ini menimbulkan harapan baru di kalangan pengguna ponsel lipat. Rumornya, Samsung akan meluncurkan Galaxy Z Fold 6 pada 10 Juli, perubahan spesifikasi kamera pada tahap akhir produksi ini dianggap tidak mungkin.

Dengan semakin banyaknya pesaing di pasar HP lipat, Samsung harus meningkatkan spesifikasi kameranya untuk tetap kompetitif. Dengan harga yang diperkirakan sekitar $2.000 atau sekitar 32 juta rupiah, kualitas kamera yang tinggi menjadi tuntutan konsumen.

Selain peningkatan kamera, Galaxy Z Fold 6 juga dikabarkan akan menawarkan berbagai fitur unggulan lainnya, termasuk layar cover yang lebih lebar, desain lebih kotak, rangka titanium, serta bodi yang lebih tipis dan ringan. Namun, ponsel ini diprediksi tetap menggunakan baterai 4.400mAh dan teknologi pengisian daya 25W yang sama dengan pendahulunya.

Kehadiran Galaxy Z Fold 6 dengan spesifikasi yang lebih unggul akan menjadi langkah penting bagi Samsung untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di pasar HP lipat yang semakin kompetitif.

Rebutan Dunia Enterprise

Saat perusahaan kini menerapkan kebijakan work from anywhere, mereka mencari cara baru untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi. Perangkat foldable menarik perhatian industri layanan keuangan, di mana 74% dari sample group yang terdiri dari para penasihat keuangan mengatakan sangat penting untuk senantiasa terhubung melalui aplikasi seluler.

“Foldable smartphone Samsung Galaxy diciptakan untuk membuka berbagai peluang dari cara baru kita untuk bekerja dan mengeksplorasi kreativitas,” kata KC Choi, EVP dan Head of Global Mobile B2B Team, MX Business Samsung Electronics.

“Pertumbuhan investasi yang pesat ini menunjukkan pelanggan korporasi membutuhkan inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja mereka," ujarnya.

Baca Juga: Duh! AI Bakal Ambil Alih 83 Juta Pekerjaan, Ini yang Harus Dilakukan

 Baca Juga: Google Siapkan Rp243 Miliar Kembangkan Talenta AI di Indonesia