Find Us On Social Media :

Tingkatkan Pelayanan, SAP Integrasikan AI Bisnis ke Portofolio Cloud

By Adam Rizal, Minggu, 9 Juni 2024 | 09:00 WIB

Sinar Mas, sebagai salah satu pelanggan pertama SAP di Indonesia akan memindahkan lima bisnisnya ke cloud dengan RISE with SAP

Pada konferensi tahunan SAP Sapphire, SAP memperkenalkan inovasi generatif AI dan kemitraan baru yang menunjukkan bagaimana perusahaan ini membawa bisnis ke level yang lebih tinggi, di era AI. Dengan mengintegrasikan AI Bisnis di seluruh portofolio cloud perusahaan yang mengelola proses paling penting di dunia dan bermitra dengan perusahaan-perusahaan terdepan dalam AI, SAP memicu gelombang baru wawasan dan kreativitas dalam bisnis global.

“Inovasi AI Bisnis yang kami umumkan di SAP Sapphire 2024 akan mengubah cara bisnis beroperasi,” kata Christian Klein, CEO dan anggota Dewan Eksekutif SAP SE. 

“Pengumuman AI dan kemitraan hari ini memperkuat komitmen kami untuk menghadirkan teknologi revolusioner yang menghasilkan hasil nyata, membantu pelanggan kami mencapai kelincahan dan kreativitas yang dibutuhkan untuk sukses di dunia bisnis yang bergerak cepat saat ini," ujarnya.

Dengan menyematkan AI Bisnis di seluruh solusi perusahaan, SAP memberikan wawasan mendalam yang dapat langsung digunakan oleh pengguna, memberdayakan mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah secara kreatif. 

Contohnya adalah laporan yang dihasilkan AI di SAP SuccessFactors yang memberikan wawasan yang bertanggung jawab untuk diskusi terkait kompensasi, serta kemampuan peramalan di SAP Sales Cloud yang memprediksi kombinasi tenaga penjual dan produk yang paling mungkin meningkatkan penjualan. 

Selain itu, SAP Business Technology Platform menambahkan model bahasa besar dari Amazon Web Services, Meta, dan Mistral AI ke dalam hub AI generatifnya. Fitur ini dalam infrastruktur SAP AI Core memudahkan pembangunan aplikasi AI generatif untuk SAP. 

Mengakui pentingnya AI Bisnis yang semakin meningkat, SAP menegaskan kembali komitmennya terhadap prinsip-prinsip AI yang relevan, andal, dan bertanggung jawab yang dipeloporinya. Di event SAP Sapphire, SAP mengadopsi 10 prinsip panduan dari Rekomendasi UNESCO tentang Etika Kecerdasan Buatan yang bertujuan untuk memastikan bahwa teknologi AI dikembangkan dan digunakan dengan cara yang menghormati hak asasi manusia, mempromosikan keadilan, dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. 

Keberhasilan bisnis di era AI berarti berada di cloud. SAP memudahkan perpindahan ke cloud dengan inisiatif yang membantu pelanggan menemukan mitra dengan keahlian yang dibutuhkan untuk transformasi SAP S/4HANA Cloud yang kompleks.

Inovasi cloud lebih lanjut di SAP Sapphire termasuk fitur yang membantu organisasi di seluruh dunia mengukur, mengelola, dan melaksanakan strategi keberlanjutan mereka. Solusi SAP Sustainability Control Tower dan SAP Sustainability Footprint Management kini melacak jejak karbon dalam skala besar dan membantu bisnis memenuhi standar regulasi.

Baca Juga: Adopsi AI Generatif Berpotensi Genjot Nilai Ekonomi USD 4,5 Triliun