Find Us On Social Media :

Qualcomm Resmi Kenalkan Snapdragon X Series dan AI Copilot+ PC

By Adam Rizal, Minggu, 9 Juni 2024 | 13:30 WIB

Qualcomm Resmi Kenalkan Snapdragon X Series dan AI Copilot+ PC

Qualcomm resmi memperkenalkan Snapdragon X Series dan Copilot+ PC dalam ajang Computex 2024. Presiden dan CEO Qualcomm Cristiano Amon mengatakan Qualcomm telah mendengar apa yang dapat diharapkan oleh konsumen dan perusahaan dalam hal produktivitas, kreativitas, dan hiburan. Semua itu tertuang dalam Copilot+ PCs, yang saat ini hanya didukung oleh Platform Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus.

“Copilot+ PC yang didukung Snapdragon X Elite adalah PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat berkat AI yang terintegrasi ke seluruh sistem, dan dapat memberikan daya tahan baterai sampai berhari-hari,” ujar Amon.

 “Terima kasih untuk para mitra yang bergabung dengan saya di atas panggung hari ini untuk menandai pergeseran industri untuk  menempatkan PC Windows Copilot+ yang didukung  Snapdragon di garis terdepan inovasi teknologi. Bersama-sama, kami ingin mendefinisikan ulang pengalaman komputasi personal dan memungkinkan para developer untuk menciptakan  aplikasi  secara efisien untuk generasi baru ini," ujarnya.

Amon membahas mengenai NPU dalam Snapdragon X Series sebagai pembeda utama dan alasan mengapa kinerja performa PC yang didukung  Snapdragon X Series lebih unggul dan membuat  pengalaman Copilot+ menjadi kenyataan. Dengan memindahkan beban kerja AI dari CPU dan GPU ke NPU, kinerja dapat meningkat secara signifikan dan menghasilkan penghematan daya yang sangat besar. 

Dengan hal ini, Amon menyatakan bahwa Qualcomm Technologies mampu mengembalikan performa terunggul ke ekosistem PC Windows dengan NPU terdepan kami yang memberikan kinerja NPU tertinggi  per watt untuk laptop, hingga 2,6x dibandingkan  M3 dan hingga 5,4x dibandingkan  Core Ultra 7. 

Berkat CPU Qualcomm Oryon terdepan, Snapdragon X Elite juga menjadi pemimpin performa terbaru untuk Windows dengan kemampuan CPU hingga 51% lebih cepat pada daya ISO dan mampu menyamai performa puncak dari CPU PC pesaing dengan daya 65% lebih rendah.

Tak hanya membahas hardware, Amon juga membahas melampaui perangkat keras untuk menunjukkan alat pengembangan terdepan dari Qualcomm Technologies untuk pembuatan aplikasi AI generasi berikutnya. Qualcomm AI Hub memungkinkan para developer menerapkan model AI hanya dalam waktu 5 menit pada perangkat yang didukung oleh platform Snapdragon, baik itu model AI milik mereka sendiri maupun koleksi model AI yang sudah dioptimalkan dan siap pakai dari Qualcomm Technologies yang terus berkembang. 

Snapdragon Dev Kit for Windows terbaru menyediakan platform hardware yang ideal bagi para developer dengan kecepatan chipset Snapdragon X Elite yang ditingkatkan serta form factor populer yang dapat  ditumpuk. 

Jason Chen (Chairman and CEO, Acer) mengatakan Acer sangat bersemangat  untuk meningkatkan hubungan kami bersama Qualcomm Technologies untuk  Copilot+ PC, merancang laptop Acer Swift 14 AI terbaru kami dengan platform Snapdragon X yang paling anyar. 

“Kami menantikan pengalaman AI baru yang akan dihadirkan oleh PC baru ini, membuka jalan bagi era teknologi komputasi berikutnya,” ujarnya.

Baca Juga: Coursera Pakai AI Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik