Find Us On Social Media :

ASUS IoT Kenalkan Portofolio AI dan AIoT Komprehensif Berbasis NVIDIA

By Adam Rizal, Selasa, 11 Juni 2024 | 13:00 WIB

ASUS IoT Kenalkan Portofolio AI dan AIoT Komprehensif Berbasis NVIDIA

ASUS IoT sebagai penyedia solusi AIoT global mengumumkan kehadiran sistem edge AI di gelaran Computex 2024. Sistem edge AI tersebut yaitu PE2100N series yang ditenagai NVIDIA® Jetson AGX Orin dan PE1101N series yang ditenagai modul NVIDIA® Jetson Orin NX atau NVIDIA Jetson Orin Nano. Seri terbaru yang didukung oleh jajaran NVIDIA Jetson Orin ini menawarkan performa AI hingga 275 TOPS. 

Performa tersebut menghadirkan sistem yang efisien dan mudah disesuaikan oleh para pengembang AI untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri, seperti machine vision, automated guided vehicle (AGV), autonomous mobile robot (AMR), dan aplikasi intelligent video-analytic. Lebih dari itu, sistem ini juga memudahkan pengembang untuk memproses data dengan kecepatan yang lebih tinggi, keamanan yang lebih kuat, dan biaya yang lebih murah, sehingga jauh lebih baik dibandingkan metode cloud biasa.

ASUS IoT PE2100N series: Sistem AI Edge berkinerja tinggi dengan NVIDIA Jetson AGX Orin

ASUS IoT PE2100N series terbaru memiliki desain SWaP-optimized yang tahan terhadap suhu (dari -25 C hingga 70 C) dan dirancang untuk inferensi AI yang canggih melalui NVIDIA Jetson AGX Orin. PE2101N yang dirancang dengan kipas yang efisien dan senyap ini memenuhi kebutuhan pemrosesan yang tinggi di berbagai kebutuhan industri, seperti mesin sortir, automated optical inspection (AOI), pemeriksaan kerusakan barang, dan pengenalan objek. 

Di sisi lain, PE2100N fanless didesain untuk lingkungan yang sulit, seperti pertambangan dan pabrik. Dengan memanfaatkan CPU berbasis NVIDIA Arm dan embedded GPU, PE2100N series sangat cocok digunakan untuk mendukung mesin otonom yang hemat energi. Seri ini juga dapat digunakan untuk manajemen lalu lintas, keamanan cerdas, dan penggunaan roadside unit karena dilengkapi dengan serangkaian opsi I/O yang komprehensif, seperti CANBus, LAN, dan PoE.

Untuk meningkatkan fungsionalitas, PE2100N series menawarkan beberapa kemampuan ekspansi, seperti slot M.2 untuk penyimpanan NVMe dan modul 5G.

PE2100N series mendukung software development kit (SDK) NVIDIA JetPack 6 terbaru yang siap diproduksi dengan komputasi AI yang mudah ditingkatkan, pilihan distro Linux yang beragam, serta keamanan platform yang ditingkatkan. NVIDIA JetPack 6 juga dibekali Jetson Platform Services terbaru yang akan segera tersedia dengan serangkaian layanan bawaan sekaligus dapat disesuaikan untuk mengakselerasi pengembangan aplikasi AI pada system-on-module NVIDIA Jetson Orin.

ASUS IoT PE1101N series: Sistem edge AI mini fanless bertenaga Jetson Orin NX dan Orin Nano

Dengan dimensi ultra-ringkas 130 x 90,2 x 72 mm, ASUS IoT PE1101N series terbaru menghadirkan fleksibilitas maksimal agar dapat digunakan dengan mudah di lingkungan terbatas seperti kota pintar, transportasi, dan manufaktur. PE1101N series dapat digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti pengisi daya kendaraan listrik, keamanan pejalan kaki dan penumpang, dan sebagainya.

PE1101N series juga dibekali dengan port konektivitas yang beragam untuk berbagai keperluan industri. Beberapa port yang dihadirkan yaitu CANBus, GPIO, dan Ethernet gigabit RJ45 untuk perangkat penginderaan I/O jarak jauh dan komunikasi perangkat yang diperluas. Seri ini menggunakan M.2 E-key untuk menambahkan modul WiFi dan Bluetooth® serta M.2 M-key untuk menambahkan perangkat penyimpanan. 

Modul nirkabel pada perangkat ini memastikan konektivitas cloud yang mulus. Selain itu, M.2 2242 NVMe eksternal dengan transmisi data yang cepat mendukung penyimpanan data untuk komputasi edge, sekaligus merupakan pilihan ideal untuk perangkat komputasi edge AI yang sangat ringkas.

Percayakan ASUS IoT: Produk komprehensif dan dukungan teknis untuk jangka panjang ASUS IoT memiliki pengalaman R&D yang panjang serta rantai pasok yang mumpuni untuk menawarkan produk dan dukungan teknis jangka panjang kepada pelanggan.

Baca Juga: Supaya Bermanfaat, Pengembangan AI Harus Prioritaskan Kemanusiaan