Find Us On Social Media :

Tool AI eBay ini Mampu Mengubah Latar Belakang Gambar Produk

By Adam Rizal, Kamis, 13 Juni 2024 | 13:00 WIB

eBay AI

Perusahaan e-commerce eBay memperkenalkan fitur terbaru berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang memungkinkan penjual mengganti latar belakang gambar produk dengan latar belakang. Fitur ini saat itu tersedia untuk pengguna iOS di AS, Inggris, dan Jerman, dan akan diluncurkan untuk pengguna Android dalam beberapa bulan mendatang.

Mengikuti langkah Amazon dan Google, eBay meluncurkan alat peningkatan latar belakang berbasis AI yang secara otomatis menghapus latar belakang gambar dan menggantinya sesuai pilihan pengguna. Misalnya, produk bisa ditempatkan di atas meja mewah atau dengan latar belakang berwarna-warni yang mencerminkan merek.

Amazon dan Google telah meluncurkan alat serupa untuk pengiklan tahun lalu, memungkinkan merek menggunakan AI generatif untuk menciptakan citra produk baru. Alat eBay ini bermanfaat bagi penjual yang tidak memiliki peralatan atau keterampilan untuk mengambil foto profesional atau berkualitas tinggi seperti dikutip Tech Crunch.

Fitur ini juga meningkatkan penawaran sebelumnya dari eBay yang menggunakan teknologi visi komputer untuk memberikan foto dengan latar belakang putih sederhana. Fitur AI baru ini didukung oleh model sumber terbuka Stable Diffusion. Pengumuman ini muncul setahun setelah eBay memperkenalkan fitur AI yang menghasilkan judul dan deskripsi untuk daftar produk.

Ditantang Amazon 

Saat ini perusahaan teknologi kompak fokus mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Amazon pun mulai memasuki medan perang persaingan bisnis AI menghadapi pemain lawas Google dan Microsoft.

CEO Amazon Andy Jassy mengatakan Amazon akan berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan teknologi AI termasuk large language models (LLMs) dan AI generatif. Amazon telah mengerjakan model AI LLMs nya sendiri dan akan meningkatkan pengalaman para pelanggannya.

"Kami telah mengerjakan LLM sendiri dan pasti akan meningkatkan pengalaman pelanggan. Kami juga akan terus berinvestasi ke dalam pengembangan model AI," tulis Jassy kepada para investornya.

Tak hanya itu, Amazon juga akan menjual chip machine learning yang murah sehingga perusahaan kecil dan besar bisa melatih dan menjalankan LLMs pada produksinya. Saat iini harga chip machine learning cukup mahal sehingga menghambat pengembangan AI di pasar.

"Apa yang ingin pelaku pasar lakukan adalah mengerjakan model dasar yang sudah besar dan hebat, kemudian memiliki kemampuan untuk menyesuaikannya untuk tujuan mereka sendiri," ungkapnya.

Amazon juga meluncurkan layanan baru bernama Bedrock untuk membuat model dasar dari AI21 Labs, Anthropic, Stability AI, dan Amazon bisa diakses melalui API.

Baca Juga: Chatbot AI Sendbird Bantu Merchant Shopify Perkuat Hubungan Pelanggan