Find Us On Social Media :

Meta Tingkatkan Fitur Video Call WhatsApp, Lebih Mirip Zoom dan Meet

By Adam Rizal, Minggu, 16 Juni 2024 | 09:00 WIB

Ilustrasi grup video call WhatsApp

Meta memperbarui kemampuan fitur-fitur Video Call WhatsApp sehingga terlihat lebih profesional dan mirip dengan aplikasi konferensi video Zoom dan Google Meet. WhatsApp mempunyai fitur terbaru yaitu Speaker Spotlight yang akan menyorot partisipan yang sedang berbicara dan menampilkannya di layar utama secara otomatis.

WhatsApp juga meningkatkan fitur screen sharing selama video call yang memudahkan pengguna melakukan presentasi atau menunjukkan konten di layar ponselnya. Sekarang, WhatsApp mendukung screen sharing dengan audio, sehingga suara video yang ditampilkan bisa didengar oleh semua partisipan.

Selain itu, jumlah maksimal partisipan video call ditingkatkan menjadi 32 orang di semua perangkat yang mendukung WhatsApp. Sebelumnya, batas partisipan 32 orang hanya berlaku di Android dan iOS. Sedangkan,  aplikasi di Windows mendukung 16 partisipan dan di macOS hanya mendukung delapan orang. Batas baru ini menjadikan WhatsApp setara dengan FaceTime, yang juga mendukung hingga 32 partisipan. 

Namun, Google Meet dan Zoom masih memiliki batas maksimal terbesar dengan 100 partisipan untuk tier gratis. Meta, perusahaan induk WhatsApp, juga memperkenalkan codec Meta Low Bitrate (MLow) untuk meningkatkan kualitas panggilan meski koneksi internet tidak stabil atau menggunakan perangkat lawas seperti dikutip Tech Crunch.

MLow sudah tersedia di Instagram dan Messenger, dan kini hadir di WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman menelepon di seluruh platform Meta.  Fitur-fitur baru ini akan diluncurkan kepada semua pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu ke depan.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi HP Lipat Flagship Samsung Galaxy Z Fold 6