Find Us On Social Media :

Regulasi Super Ketat, Meta Tunda Pengembangan Teknologi AI di Eropa

By Adam Rizal, Selasa, 18 Juni 2024 | 06:16 WIB

Meta AI

Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat (AS) yang juga induk Facebook, Meta menunda pengembangan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di Eropa karena terbentur aturan pelindungan data pribadi (PDP) regulator di Irlandia. Komisi Perlindungan Data Irlandia meminta Meta menunda pelatihan large language model (LLM)-nya yang menggunakan konten publik yang dibagikan oleh orang dewasa di Facebook dan Instagram. 

"Kami sangat kecewa dengan keputusan ini. Padahal kami selalu mematuhi hukum dan peraturan Eropa. Asal kalian tahu, kami jauh lebih transparan dibandingkan dengan kebanyakan mitra di industri ini," katanya.

Meta mengatakan regulasi PDP itu merupakan kemunduran inovasi di Eropa karena penundaan ini akan berdampak kepada kebaikan masyarakat di Eropa. Sebelumnya, Meta sudah mulai memberi tahu pengguna di Eropa akan mengumpulkan data mereka dan menawarkan opsi untuk tidak ikut serta dalam upaya mematuhi undang-undang privasi Eropa.

Meta juga mengatakan bahwa jika regulator tidak mengizinkan menggunakan informasi pengguna untuk melatih modelnya. Maka, Meta hanya dapat menghasilkan produk dengan kualitas rendah. 

“Kami hanya dapat menawarkan pengalaman kelas dua kepada masyarakat. Ini berarti kami tidak dapat meluncurkan Meta AI di Eropa saat ini," ujarnya.

Eksekutif Direktur Risiko Regulasi di Kantor Komisioner Informasi UK Stephen Almond mengatakan regulator di Eropa menyambut baik dengan adanya penundaan ini. 

"Kami sangat senang Meta telah mempertimbangkan masalah yang disampaikan dari pengguna layanan di UK dan merespons permintaan untuk menunda. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari AI generatif dan peluang yang dibawanya, masyarakat harus percaya bahwa hak privasi mereka akan dihormati sejak awal," ujar Almond dalam sebuah pernyataan. 

Permintaan penundaan dari DPC ini mengikuti kampanye dari grup advokasi Austria, None of Your Business (NOYB), yang mengajukan 11 keluhan terhadap Meta di beberapa negara Eropa. Pendiri NOYB Max Schrems mengatakan bahwa keluhan tersebut berkaitan dengan dasar hukum Meta untuk mengumpulkan data pribadi.

Baca Juga: Sektor Pekerjaan ini Diprediksi Sulit Digantikan Teknologi AI