Find Us On Social Media :

Cara Apple Menjaga Keamanan dan Privasi Apple Intelligence (AI)

By Adam Rizal, Selasa, 18 Juni 2024 | 21:30 WIB

Apple Intelligence (AI)

Apple memperkenalkan fitur baru di iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia, dan Apple Intelligence dalam ajang WWDC 2024. Apple memiliki empat cara untuk menjamin data pengguna tetap aman dan privasi mereka terjaga yaitu meminimalkan data yang dapat diakses, memproses data di perangkat pengguna, transparansi dan kontrol data, serta perlindungan keamanan.

Apple pun mengurangi pengumpulan data dengan memproses data di perangkat pengguna daripada mengirimkannya ke server. Apple juga membantu pengguna memahami data yang dikumpulkan dan bagaimana data tersebut digunakan, serta melindungi data dengan keamanan yang kuat. 

"Kami percaya AI yang kuat harus berjalan seiring dengan privasi yang kuat," katanya.

Apple menciptakan chip silikon sendiri untuk mengintegrasikan AI secara mendalam di perangkat seperti iPhone, iPad, dan Mac. Sistem kecerdasan pribadi ini menyediakan model bahasa yang besar dan adaptif yang dapat membantu pengguna dengan tugas-tugas spesifik.

Untuk permintaan yang memerlukan model lebih besar, Apple menggunakan Private Cloud Compute, yang memungkinkan pemrosesan di server sambil melindungi privasi pengguna. Secure Enclave melindungi kunci enkripsi, Boot Aman memastikan OS yang dijalankan aman, dan Trusted Execution Monitor memastikan hanya kode yang diverifikasi yang dijalankan. Semua data diproses tanpa disimpan oleh Private Cloud Compute setelah selesai.

Apple juga menjamin bahwa data yang dikirim untuk permintaan pengguna tidak digunakan untuk melatih AI atau tujuan lain, dan kode yang dijalankan di server dapat diperiksa oleh ahli independen.

Integrasi dengan ChatGPT juga memerlukan persetujuan pengguna. Siri akan menentukan alat yang digunakan untuk memenuhi permintaan, termasuk ChatGPT, setelah pengguna menyetujuinya. Apple memastikan hanya data yang relevan yang dikirim ke ChatGPT, dengan alamat IP pengguna disamarkan dan berbeda setiap kali. Kontrak antara Apple dan OpenAI melarang ChatGPT menyimpan atau melatih data dari pengguna Apple. Pengguna yang berlangganan ChatGPT Plus dapat menghubungkan akun mereka dengan kebijakan privasi yang diatur oleh OpenAI.

Baca Juga: Meski Harganya Mahal, Snapdragon 8 Gen 4 Diprediksi Laris Berkat AI