Find Us On Social Media :

Hands-on POCO F6: Flagship Pertama POCO dengan Snapdragon 8s Gen 3

By Dayu Akbar, Rabu, 19 Juni 2024 | 12:00 WIB

POCO F6

Kurang lebih setelah satu tahun kehadiran POCO F5 series di tanah air, POCO kembali menghadirkan generasi terbaru dari seri F tersebut di Indonesia melalui POCO F6 series. Ada dua seri yang meluncur yaitu POCO F6 dan POCO F6 Pro. Seperti sebelumnya yang jadi pembeda antara keduanya ada di sektor system on chip, resolusi layar, serta konfigurasi kamera belakang. Bidik kelas menengah, POCO F6 series sendiri hadir dengan spesifikasi yang lebih baru dan lebih bertenaga. Dan kali ini yang akan kami ulas adalah POCO F6. Beberapa fitur pendukung yang disertakan juga jadi daya tarik tambahan yang dapat memudahkan aktivitas penggunanya. Seperti apa tampilan dan fitur yang hadir di POCO F6, berikut ulasannya.Paket penjualanSeperti pada paket penjualan POCO generasi sebelumnya, Anda akan mendapati kelengkapan pendukung seperti charger, kabel USB, protective case warna hitam, SIM ejector, stiker, serta kertas panduan dan garansi.

Isi paket penjualan POCO F6

DesainPOCO F6 hadir dengan desain kekinian yang futuristik dengan pilihan tiga warna yang terdiri dari Hitam, Hijau, dan Titanium. Dan unit yang kami ulas ini memiliki pilihan warna hijau. Bodi serta framenya menggunakan bahan plastik solid dengan bentuk melengkung di tiap sudut. Bagian belakangnya dilapisi dengan bahan sedikit kesat sehingga lebih aman dari bercak sidik jari seperti pada lapisan glossy atau kaca.

Bagian belakangnya terdapat tiga bulatan yang terdiri dari dua lensa kamera dan satu bulatan untuk lampu flash yang diberi nama Halo Flash. POCO F6 dibuat makin tangguh dengan kehadiran sertifikasi anti-air dan debu dengan rating IP64.

Tampilan POCO F6

Fitur-fitur menarik lainnya hadir berupa NFC serta sensor infra red yang berguna sebagai remote control untuk perangkat elektronik lainnya.LayarPOCO F6 memiliki layar dengan ukuran 6,67 inci dengan tampilan yang terasa lega berkat ukuran bezel tipis. Dengan rasio layar ke bodi sekitar 94,27%, sisi atas yang paling tipis hanya punya ketebalan 1,3 mm, sedangkan sisi bawah punya ketebalan 2,27 mm.Layarnya menggunakan CrystalRes pertama di POCO F Series dengan kualitas jernih. Resolusi layarnya 1,5K atau 2.712 x 1.220 piksel dengan rasio 20:9 serta memiliki refresh rate hingga 120Hz.

Layar CrystalRes pertama di POCO F Series.

Panel yang digunakannya AMOLED dan memiliki tingkat kecerahan hingga maksimal sampai 2400 nits. Untuk kamera depannya sendiri memiliki tampilan punch hole. Untuk proteksi sudah disertakan pelindung Gorilla Glass Victus. Tidak ketinggalan sensor fingerprint juga ditempatkan di bagian bawah area layar.Selain itu, dukungan touch sampling rate 1920Hz, cakupan gamut warna 100 persen DCI-P3, serta Dolby Vision, membuat layarnya cocok untuk aktivitas seperti streaming video sampai bermain game.Sertifikasi TÜV Rheinland untuk perawatan mata, ramah sirkadian, dan bebas kedipan memastikan menonton menjadi aman, nyaman, walaupun dalam durasi yang lama.KameraPOCO F6 dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari lensa wide dengan resolusi 50MP dan lensa ultra-wide dengan resolusi 8 MP. Secara spesifikasi, lensa wide pada kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX882. Tidak hanya itu, aperture bukaannya juga terbilang sangat besar yaitu f/1.59 yang mampu menangkap cahaya sekitar dengan lebih baik. Ini yang membuatnya cocok bagi kebutuhan foto dalam kondisi pencahayaan minim serta kondisi malam hari.

Kamera wide 50 MP dan ultrawide 8 MP.

POCO F6 juga dilengkapi dengan OIS dan EIS, yang kini menjadi standar seri F. Fitur fotografi flagship lainnya termasuk video 4K dengan 60 FPS yang memungkinkan video ultra-jernih bergaya sinematik dengan frame rate tinggi. Dengan chipset yang kuat, fitur Motion Tracking Focus 2.0 dapat melacak pergerakan orang, hewan, dan serangga, bahkan untuk fotografer alam yang paling berdedikasi.Sedangkan kamera depannya memiliki lensa wide dengan resolusi 20 MP yang sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan selfie.SpesifikasiPOCO F6 dipersenjatai dengan SoC terbaru yaitu Snapdragon 8s Gen 3 yang merupakan prosesor octa-core dengan fabrikasi 4nm. Dari penamaannya, ini merupakan versi minimalis dari Snapdragon 8 Gen 3 untuk ditujukan untuk segmen kelas atas, sedangkan Snapdragon 8s Gen 3 ditujukan untuk kelas menengah.Konfigurasi yang dimiliki SoC ini terdiri dari satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti performa Cortex-A720 berkecepatan 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya Cortex-A520 berkecepatan 2,0 GHz. Untuk kapasitas memorinya hadir dalam dua varian yaitu 8GB + 256GB dan 12GB + 512GB.

Spesifikasi dan performa Antutu.

Sedikit mengulas performanya, Snapdragon 8s Gen 3 ini ternyata tidak berbeda jauh dengan Snapdragon 8 Gen 2. Hal ini sedikit terwakili melalui pengujian singkat menggunakan Antutu yang berhasil meraih skor sekitar 1,5 juta poin. Mirip dengan Snapdragon 8 Gen 2 yang pernah kami uji.

Beberapa fitur sebagai penunjang performa yang hadir di POCO F6 diantaranya sistem pendingin menggunakan LiquidCool Technology terbaru yang mengusung sistem IceLoop baru juga. Ini bekerja meningkatkan sirkulasi uap cair untuk menghilangkan panas, dan meningkatkan pembuangan panas secara signifikan.

Charger dengan teknologi fast charging 90 watt.

Sebagai penopang daya, kapasitas baterai yang diusungnya yaitu 5000 mAh. Dengan dukungan teknologi fast charging 90 watt, pengisian baterai hingga 100% bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja.Untuk sistem operasinya, POCO F6 sudah mengadopsi Android 14 dengan antarmuka terbaru Xiaomi HyperOS versi 1.0.1.0 yang lebih aman berkat pembaruan dari sisi keamanan guna melindungi data dan perangkat penggunanya.