Find Us On Social Media :

Teknologi AMD Dukung Solusi Smart Parking Berbasis AI di Singapura

By Liana Threestayanti, Jumat, 21 Juni 2024 | 13:00 WIB

Pemanfaatan teknologi AI terus berkembang di berbagai bidang. Salah satu solusi terbaru adalah smart parking yang diperkenalkan AMD dan Sun Singapore. (Ilustrasi: Parking)

Pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus berkembang di berbagai bidang. Salah satu solusi terbaru adalah smart parking yang diperkenalkan AMD dan Sun Singapore, penyedia solusi smart parking terbesar di Singapura.

Solusi smart parking dengan AI ini ditenagai oleh perangkat AMD Zynq UltraScale+ MPSoC yang khusus dirancang AMD untuk menangani tugas-tugas komputasi yang kompleks dan intensif, misalnya inferensi AI.

Selain meningkatkan akurasi pengenalan pelat nomor kendaraan, solusi ini juga menawarkan fitur-fitur yang lebih canggih, seperti deteksi kekosongan tempat parkir, kemacetan jalur, deteksi kecelakaan, dan penegakkan pelanggaran parkir.

Sistem smart parking berbasis AI ini terdiri dari perangkat keras edge AI EdgeAI Box X7 dari PlanetSpark yang membenamkan AMD Zynq UltraScale+ MPSoC berbasis FPGA (Field-Programmable Gate Array). Sun Singapore juga menggandeng Aupera Technologies untuk membantu merancang dan mengembangkan firmware FPGA dan solusi visi AI untuk pembacaan pelat nomor yang akurat. 

Solusi yang dihasilkan diklaim memberikan latensi yang rendah, efisiensi energi, dan inferensi AI real-time di edge. Sementara penggunaan FPGA memberikan siklus hidup panjang, satu hal yang dibutuhkan oleh perangkat edge. FPGA juga memberikan fleksibilitas hardware untuk adaptasi dengan perubahan model AI, algoritme, dan standar yang terus berkembang. 

“Dengan fokus kami pada ketahanan, latensi rendah, dan fleksibilitas, solusi edge AI berbasis AMD FPGA, dengan kemampuannya yang telah terbukti mendukung penghitungan kompleks pada data dalam jumlah besar, adalah pilihan tepat bagi kami,” kata Eddie Ng, Senior Sales Manager, Sun Singapore.

Ia menambahkan bahwa kemampuan adaptasi dari solusi edge AI ini juga akan memungkinkan Sun Singapore menghadirkan aplikasi baru untuk meningkatkan fitur dan layanan sistem parkir mobil bagi pelanggan.

Ms. Phuay Li Ying, Managing Director, PlanetSpark, menekankan komitmennya untuk melakukan inovasi berkelanjutan dengan solusi yang ramah lingkungan dan berperforma tinggi.

Chetan Khona, Senior Director of Industrial, Vision, Healthcare and Sciences Markets AMD menyoroti kemampuan AMD Zynq UltraScale+ MPSoC dalam mendukung aplikasi fusi sensor dan meningkatkan proses di berbagai aplikasi.

Solusi baru ini akan memperbarui sistem parkir elektronik di Singapura yang sebagian besar sudah berusia lebih dari dua dekade, dengan menambahkan fungsi dan fitur baru melalui inferensi AI. Teknologi disebut mampu mencapai akurasi pembacaan pelat nomor hingga 99% dan memberikan deteksi kekosongan tempat parkir, serta penegakan pelanggaran parkir yang lebih baik.

“Dengan memproses data dari berbagai masukan, pelanggan dapat memanfaatkan AI untuk meningkatkan proses yang selama ini kita anggap remeh di berbagai aplikasi, baik itu smart city, manufaktur, robotika, dan lainnya,” ujar Chetan Khona.

Baca juga: COMPUTEX 2024, AMD Ungkap Sejumlah Prosesor Generasi Berikutnya