Find Us On Social Media :

Telkomsel Tawarkan Jaringan Internet Terkencang di Indonesia

By Adam Rizal, Sabtu, 22 Juni 2024 | 14:30 WIB

Ilustrasi Telkomsel

Opensignal kembali melaporkan pengalaman seluler di Indonesia dengan mengkaji pengalaman jaringan seluler dari lima operator jaringan seluler utama di Indonesia selama periode 01 Februari - 30 April 2024. Tak ketinggalan, Opensignal juga menyertakan pengukuran 5G untuk menentukan skor keseluruhan untuk setiap kategori dan mengkaji pengalaman jaringan seluler para pengguna di 10 wilayah utama Indonesia.

Hasilnya, Telkomsel dan Tri saling berlomba menjadi terbaik. Telkomsel berhasil mempertahankan dua penghargaan dalam hal kecepatan, baik kecepatan download sebesar 25,5 Mbps maupun upload sebesar 10 Mbps. Di bawah Telkomsel, ada IM3 dan Tri yang mengalami peningkatan tertinggi dalam kecepatan unduh rata-rata, yakni 1 Mbps.

Telkomsel juga masih memimpin dalam jangkauan dengan 8,59 poin pada skala 10 poin, ini ketiga kalinya berturut-turut. Telkomsel memimpin jauh di atas IM3 dan Tri yang menempati posisi kedua dengan skor yang sama yaitu 4,91 poin.Tri dinilai unggul secara keseluruhan dalam pengalaman game, video dan aplikasi suara.  Telkomsel masih teratas dalam pengalaman video dan game di seluruh provinsi di Jawa.

"Tri mengungguli Telkomsel dalam jumlah penghargaan yang diraih kali ini. 3 menang besar dengan meraih empat penghargaan, kemajuan dari hanya satu penghargaan di laporan sebelumnya," kata  Robert Wyrzykowski (Analis Utama Opensignal) dalam laporannya.

Opensignal juga mengganjar Tri penghargaan Pengalaman Keandalan dengan skor 863 poin pada skala 100 -1000 poin. Pengalaman Keandalan ini diukur dengan melihat kemampuan pengguna untuk terhubung dan berhasil menyelesaikan tugas-tugas dasar di jaringan operator.

Indosat membawa pulang penghargaan Kualitas Konsisten untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, menjadi satu-satunya pemenang penghargaan ini di Indonesia sejak Opensignal memperkenalkannya dalam laporan Pengalaman Jaringan Seluler.

Smartfren mempertahankan penghargaan Ketersediaan dengan skor 98,7 persen. Ini dinilai dari proporsi waktu yang dihabiskan pengguna Opensignal dengan sinyal seluler 5G, 4G, atau 3G.

Baca Juga: Pasca Gangguan PDN, Kominfo Pastikan Layanan Publik Segera Pulih