Find Us On Social Media :

OpenAI Akuisisi Rockset untuk Perkuat Infrastruktur Teknologinya

By Rafki Fachrizal, Minggu, 23 Juni 2024 | 17:45 WIB

Ilustrasi OpenAI

OpenAI dikabarkan telah mengakuisisi Rockset, sebuah startup yang mengembangkan tools untuk mendorong pencarian real-time dan analisis data.

Tidak diketahui berapa dana yang digelontorkan OpenAI untuk mengakusisi startup tersebut.

Dalam sebuah posting-an di blog resminya, OpenAI mengatakan bahwa mereka akan mengintegrasikan teknologi Rockset untuk "memperkuat infrastruktur di seluruh produk."

Anggota tim Rockset akan bergabung dengan OpenAI, dan pelanggan Rockset yang sudah ada akan dialihkan dari platform Rockset "secara bertahap."

"Infrastruktur Rockset memberdayakan perusahaan untuk mengubah data mereka menjadi intelijen yang dapat ditindaklanjuti," kata COO OpenAI Brad Lightcap dalam sebuah pernyataan.

"Kami sangat senang dapat memberikan manfaat ini kepada para pelanggan kami dengan mengintegrasikan fondasi Rockset ke dalam produk-produk OpenAI,” tambahnya.

Rockset, yang didirikan pada tahun 2016 oleh mantan engineer di Facebook, Venkat Venkataramani dan Tudor Bosman serta database architect, Dhruba Borthakur, menciptakan tools yang memungkinkan perusahaan untuk secara otomatis mengambil data dari basis data dan layanan penyimpanan public cloud, lalu mengindeks data tersebut untuk aplikasi pencarian dan analisis.

Platform basis data Rockset mendukung hal-hal seperti mesin rekomendasi, dasbor pelacakan logistik, dan - terutama yang relevan dengan OpenAI - chatbot dalam domain seperti fintech dan e-commerce.

Rockset telah berhasil mengumpulkan lebih dari $117,5 juta modal dari para investor termasuk Icon Ventures, Sequoia, dan Greylock sebelum akuisisi, menurut data Crunchbase.

Startup ini juga memiliki pelanggan dari perusahaan terkenal seperti Meta dan JetBlue, yang menggunakan Rockset sebagai komponen dari chatbot prediksi penundaan penerbangan.

Diketahui, Rockset merupakan akuisisi publik kedua yang dilakukan OpenAI setelah Global Illumination, sebuah startup yang berbasis di New York yang memanfaatkan AI untuk membangun tools dan infrastruktur kreatif.

Baca Juga: Ilya Sutskever Bikin Perusahaan AI Baru Pasca Keluar dari OpenAI