Find Us On Social Media :

ZTE Sediakan Solusi Komputasi End-to-End, Disesuaikan untuk Berbagai Industri

By Liana Threestayanti, Senin, 24 Juni 2024 | 16:01 WIB

ZTE menghadirkan solusi infrastruktur komputasi end-to-end untuk berbagai skenario dan mendukung transformasi digital di berbagai sektor industri. (Ilustrasi transformasi digital)

ZTE Corporation menghadirkan solusi infrastruktur komputasi end-to-end untuk berbagai skenario penggunaan guna mendukung transformasi digital di berbagai sektor industri. 

Solusi ini terdiri dari solusi komputasi, storage, jaringan, dan IDC (internet data center), mencakup perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) full stack terintegrasi. Solusi ini diharapkan akan mempercepat penerapan layanan di cloud dan mendukung pelanggan dalam pengembangan artificial intelligence (AI).  

Untuk perangkat keras, ZTE menyediakan rangkaian server dengan daya komputasi heterogen dan all-flash storage berkinerja tinggi yang memungkinkan peningkatan kecepatan pelatihan model artificial intelligence (AI). Solusi terbaru ini juga menawarkan jaringan lossless dengan zero packet loss dan tingkat latensi mikrodetik. Sementara itu, IDC dirancang dengan mode fully-cooled modular prefabrikasi yang mendukung efisiensi energi dengan Power Usage Effectiveness (PUE) sebesar 1,13. 

Di sisi perangkat lunak, ZTE telah membangun platform komputasi cerdas AI Booster untuk mengoptimalkan penggunaan Graphics Processing Unit (GPU) melalui automatic parallel training, dan mengurangi hambatan pengembangan melalui visual development, serta mengoptimalkan self-adaptive parameter. Rangkaian perangkat lunak ini disebut ZTE memiliki peran penting dalam mendorong potensi aplikasi berbasis AI di berbagai industri.

Rangkaian solusi ini secara khusus disesuaikan oleh ZTE untuk berbagai skenario penggunaan. Untuk general computing, termasuk di dalamnya adalah layanan telekomunikasi dan cloud, ZTE menyediakan serangkaian server yang dilengkapi dengan liquid cooling. Server ini diklaim ZTE memberikan daya komputasi yang lebih efisien dan hemat biaya. 

Untuk skenario penggunaan yang membutuhkan penyimpanan video berukuran besar, ZTE menyediakan server dengan penyimpanan berkapasitas relatif besar. 

Di beberapa sektor seperti keuangan dan komputasi ilmiah, ZTE menyediakan server dengan 4-socket. Selain itu, untuk lingkungan komputasi dengan kepadatan tinggi, ZTE meluncurkan liquid-cooling cabinet IceCube yang mendukung pengembangan data center ramah lingkungan dan efisien. 

Sedangkan dalam bidang komputasi cerdas (intelligent computing), ZTE menyediakan rangkaian solusi termasuk training server, inference server, serta AiCube. 

Wang Quan, Vice President, ZTE Corporation menyatakan antusiasmenya terhadap inovasi terbaru yang ditujukan untuk membuka peluang baru dalam industri ICT. “Solusi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan komputasi namun juga memberdayakan korporasi (enterprise) untuk berkembang di era digital secara efisien dan berkelanjutan," ujarnya.