Find Us On Social Media :

Tak Hanya ChatGPT, Apple Berencana Pakai Teknologi AI Meta untuk Siri

By Adam Rizal, Kamis, 27 Juni 2024 | 10:00 WIB

Meta AI

Saat ini Apple sedang menjalin hubungan dengan Meta untuk mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Meta ke dalam fitur Apple Intelligence (AI). Sebelumnya, Apple sukses menggandeng OpenAI untuk menghadirkan layanan ChatGPT dalam pembaruan iOS 18.

Apple pun tak mau dianggap tidak punya terobosan di bidang AI, mengingat Apple sudah tertinggal dalam menghadirkan layanan AI pada smartphone. Berbeda dengan Samsung yang sudah memperkenalkan layanan Galaxy AI.

Wall Street Journal mengungkapkan bahwa Apple sedang melakukan pembicaraan dengan Meta untuk tujuan tersebut. Meskipun pembicaraan sedang berlangsung, belum ada tanggapan resmi dari kedua perusahaan terkait kemajuan pembicaraan.

Keputusan Apple untuk mengandalkan teknologi pihak ketiga daripada mengembangkan AI mereka sendiri awalnya tidak membangkitkan banyak antusiasme di kalangan pengguna, tetapi terbukti efektif seperti dikutip Tech Crunch.

Apple memilih jalur ini karena teknologi pihak ketiga terbukti dapat beroperasi dengan optimal walaupun tidak berasal dari pengembangan internal mereka. Pendekatan itu juga mencakup langkah unik dengan memperkenalkan fitur AI pada emoji yang menarik pengguna muda tetapi mungkin kurang praktis untuk pengguna profesional.

Kesepakatan potensial antara Apple dan Meta, seperti dilaporkan oleh WSJ, tidak melibatkan transaksi finansial, melainkan fokus pada distribusi ke mitra penyedia layanan AI yang dapat menawarkan langganan premium kepada pengguna. Apple sendiri tidak memungut biaya premium untuk penggunaan AI di platform mereka.

Meskipun Apple telah mengumumkan Apple AI, pengguna masih harus menunggu hingga peluncuran resmi iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia untuk dapat menggunakan fitur tersebut. Oleh karena itu, kinerja Apple AI saat ini masih belum dapat dinilai.

Elon Musk, salah satu pendiri OpenAI yang juga memiliki xAI, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap integrasi yang dalam antara ChatGPT dan ekosistem Apple. Sebagai respons, dia meminta karyawannya untuk tidak menggunakan perangkat yang terkait dengan ekosistem Apple.

Hanya iPhone Mahal

Apple resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru iOS 18 dalam acara WWDC 2024. iOS 18 menghadirkan Apple Intelligence (AI) yang menawarkan banyak fitur-fitur AI terbaru. Kemampuan asisten virtual Siri pun mengalami peningkatan pesat dengan kehadiran AI yang mendukung input teks, membuat pesan di aplikasi Mail, hingga membuat gambar lewat perintah prompt teks.

Sayangnya, fitur Apple Intelligence (AI) itu hanya tersedia untuk varian iPhone 15 Pro dan Pro Max. Sedangkan, iPhone 15 model reguler dan iPhone keluaran yang lebih lawas, seperti iPhone 14 dan seterusnya, tidak akan kebagian fitur AI generatif baru buatan Apple tersebut. 

Kepala AI Apple John Giannandrea mengatakan pembatasan ketersediaan Apple Intelligence murni alasan teknis karena perangkat lunak (software) AI membutuhkan perangkat keras (hardware) yang lebih bertenaga. 

"Untuk berjalan dengan cepat dan membuat model-model itu dapat digunakan, dibutuhkan bandwidth yang besar di perangkat, unit pengolah AI Apple Neural Engine, dan kemampuan komputasi tinggi secara keseluruhan," katanya.

Sebagai perbandingan, chip Apple 17 Pro milik iPhone 15 Pro mengusung Neural Engine untuk pengolahan AI dengan kinerja hingga 35 TOPS. Sedangkan, chip Apple A16 milik iPhone 15 hanya sanggup mencapai 17 TOPS sehingga kurang ideal untuk menjalankan Apple Intelligence.  

"Secara teori, bisa saja iPhone 15 menjalankan model-model AI tetapi kinerjanya akan lemot," ucapnya.

Craig Federighi (Kepala software Apple) mengatakan Apple berkomitmen memperkenalkan fitur-fitur terbaru ke semua perangkat yang lama. "Dalam kasus Apple Intelligence, ini murni masalah tuntutan hardware," ucapnya.

Selain chip A17 pro yang terdapat pada iPhone 15 Pro, Apple Intelligence juga kabarnya dapat dijalankan pada chip seri M yang ada di iPad dan Mac. Fitur AI baru dari Apple itu dijadwalkan meluncur lewat pembaruan iOS 18 di paruh kedua tahun ini.

Baca Juga: Alasan Chatbot AI Google Gemini Lebih Baik Dibanding ChatGPT