Find Us On Social Media :

Softbank Group Mau Suntik Dana ke Perplexity AI, Berapa Nilainya?

By Rafki Fachrizal, Jumat, 28 Juni 2024 | 19:00 WIB

Perplexity AI

Investor asal Jepang, SoftBank Group Corp melalui Vision Fund 2 dikabarkan bakal menginvestasikan antara $10 juta hingga $20 juta ke Perplexity AI.

Perplexity AI merupakan startup pengembang alat pencarian berbasis AI dengan valuasi $3 miliar, berdasarkan laporan Bloomberg News.

SoftBank akan melakukan investasi tersebut sebagai bagian dari putaran pendanaan yang lebih besar senilai $250 juta, kata laporan itu, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Kesepakatan investasi ini juga belum selesai dan persyaratannya masih dapat berubah.

Perplexity menolak berkomentar, sementara SoftBank tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Alat pencarian Perplexity AI memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban instan atas pertanyaan dengan sumber dan kutipan.

Alat ini didukung oleh berbagai LLMs (Large Language Models) yang dapat merangkum dan menghasilkan informasi, mulai dari OpenAI hingga model open source dari Meta, Llama.

Perplexity AI yang berbasis di San Francisco, California pada bulan Januari mengumpulkan $73,6 juta dari beberapa investor termasuk Nvidia dan pendiri Amazon, Jeff Bezos, dengan valuasi $520 juta.

Startup ini sebelumnya juga mengungkapkan bahwa alat pencarian AI mereka telah melayani lebih dari 500 juta pertanyaan pada tahun 2023 dengan hanya mengeluarkan sedikit biaya pemasaran.

Baca Juga: ByteDance Kerja Sama dengan Broadcom Demi Kembangkan Chip AI Canggih