Find Us On Social Media :

Cloudera Dukung OCBC NISP Tingkatkan Layanan dengan AI Generatif

By Liana Threestayanti, Senin, 1 Juli 2024 | 13:00 WIB

Cloudera kembali mengumumkan kemitraan strategis terkait implementasi AI, dengan entitas bisnis dari sektor perbankan. Dalam kolaborasi terbaru ini, Cloudera akan membantu OCBC NISP mewujudkan visinya menjadi digital-first bank.

Perusahaan data untuk enterprise dan trusted artificial intelligence (AI), Cloudera, kembali mengumumkan kemitraan strategis terkait implementasi AI, dengan entitas bisnis dari sektor perbankan. Dalam kolaborasi terbaru ini, Cloudera akan membantu OCBC NISP mewujudkan visinya menjadi digital-first bank.   

Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman perbankan nasabah OCBC NISP melalui solusi AI generatif dan pengelolaan data serta analitik dari platform hybrid Cloudera.

Langkah yang diambil oleh OCBC NISP ini juga dilatarbelakangi kebutuhan strategi hybrid untuk mengintegrasikan data, analitik, dan AI dengan data lake miliknya. Dengan cara ini, para data scientist maupun pengguna bisnis dapat bekerja tanpa hambatan dengan berbagai aplikasi yang terintegrasi, dan memungkinkan tersedianya model-model AI berbasis transformer secara real time serta rekomendasi yang lebih personal bagi para nasabah.

“OCBC NISP meyakini bahwa mengadopsi suatu teknologi adalah hal yang strategis untuk dapat memberikan nilai tambah bagi pengalaman nasabah. Penggunaan teknologi data modern dan meluncurkan proyek AI generatif adalah salah satu pencapaian penting bank kami untuk selalu menjadi yang terdepan dan memimpin industri. Kami sepenuhnya yakin bahwa teknologi dan pengalaman nasabah adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam menyediakan solusi bagi kebutuhan nasabah,” ujar Komang Artha Yasa, Head of Technology Division, OCBC NISP.

Sherlie Karnidta, Country Manager Cloudera Indonesia, menyatakan bahwa banyak perusahaan sangat antusias memanfaatkan AI generatif untuk mengembangkan aplikasi dan alat produktivitas bagi para pelanggannya dengan memanfaatkan data yang sangat besar.

“Kami sangat antusias bekerja dengan OCBC NISP untuk membantu mereka mengembangkan platform yang ekstensif dan memberikan kemudahan serta fleksibilitas dalam mengembangkan aplikasi dan memanfaatkan tools serta frameworks untuk mendorong transformasi bisnis,” Sherlie menambahkan.

OCBC NISP berencana untuk memperluas penggunaan AI/ML ke lebih banyak sistem dan pengguna, serta fokus pada inovasi, efisiensi, dan pendekatan yang berpusat pada nasabah. Sementara Cloudera akan membantu dalam membangun landasan yang kuat dan fleksibel, serta mengintegrasikan AI, dan mendorong inovasi lebih lanjut bagi nasabah maupun dalam hal regulatory reporting.

Baca juga: Percepat Transformasi dengan GenAI, BNI Gandeng Cloudera & Nvidia

Baca juga: Bantu Perusahaan Kembangkan AI, Cloudera Rilis 3 Asisten AI Terbaru