Find Us On Social Media :

Ini Manfaat Penggunakan AI Generatif di Industri Jasa Keuangan

By Adam Rizal, Selasa, 9 Juli 2024 | 13:00 WIB

Ilustrasi artificial intelligence (AI)

Teknologi artificial intelligence (AI) generatif atau Gen AI memiliki peran penting dalam kemajuan industri jasa keuangan di Indonesia. Penggunaan Gen AI dapat meningkatkan produktivitas industri finansial melalui tiga aspek utama.

Pertama, pertumbuhan melalui personalisasi dan transformasi. Di era open banking, layanan keuangan perlu bersifat personal dan seamless di berbagai platform. "Gen AI memungkinkan personalisasi mendalam dengan menganalisis data nasabah untuk memberikan rekomendasi produk yang relevan, serta menjangkau nasabah di berbagai channel untuk mendorong pertumbuhan bisnis," kata Komang Mertayasa (Machine Learning Engineer dari Devoteam G Cloud).

Kedua, efisiensi operasional. Gen AI dapat mengotomatiskan proses back-office yang kompleks dan memakan waktu, seperti pemrosesan dokumen dan manajemen risiko, sehingga meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan memungkinkan karyawan fokus pada tugas strategis.

Ketiga, manajemen risiko yang lebih baik. Gen AI membantu industri jasa keuangan dalam menganalisis data besar secara real-time dan mengelola risiko dengan lebih efektif. 

"Teknologi ini mampu menyederhanakan proses dan pengalaman pengguna, yang sangat penting bagi peningkatan bisnis finansial," ujarnya.

Komang juga menyebutkan bahwa Gen AI bisa mempercepat dan meningkatkan akurasi analisis rekening koran nasabah. Sistem ini dapat mengotomatisasi ekstraksi data rekening koran, termasuk total debit, total kredit, dan saldo rata-rata per bulan, yang menyederhanakan pekerjaan tim analis dan mengoptimalkan bisnis.

Devoteam G Cloud telah membantu berbagai klien di sektor jasa keuangan dengan menyediakan solusi inovatif. Contohnya, analisis rekening koran otomatis yang meningkatkan penilaian kredit dan deteksi fraud, serta chatbot AI generatif yang meningkatkan layanan pelanggan dan produktivitas karyawan dengan respons yang personal dan cepat dalam mengakses informasi internal dan pengetahuan perusahaan.

Baca Juga: Google Ungkap Dampak Buruk Penggunaan AI Generatif di Internet