Find Us On Social Media :

Spesifikasi dan Harga Resmi Samsung Galaxy Z Flip6 di Indonesia

By Dayu Akbar, Kamis, 11 Juli 2024 | 08:35 WIB

Samsung Galaxy Z Flip6

Melalui peluncuran seri terbaru Galaxy Z di ajang Galaxy Unpacked yang berlangsung di Paris, Perancis, selain Galaxy Z Fold6, Samsung juga mengumumkan kehadiran smartphone lipat flagship terbaru lainnya yaitu Galaxy Z Flip6.Jika melihat tampilannya, smartphone lipat dengan model clamshell ini tidak banyak yang berubah dibanding Galaxy Z Flip5, mulai dari dimensi hingga desainnya. Panjangnya 165,1 mm, lebar 71,9 mm dan tebal 6,9 mm saat posisi terbentang. Dan saat terlipat panjangnya menjadi 85,1 mm, lebar 71,9 mm, dan tebal 14,9 mm.Sedikit pembeda dibanding Galaxy Z Flip5 ada pada frame yang lebih flat sehingga membuat lipatannya tanpa celah dan terlihat makin tipis 0,2 mm saat dalam kondisi dilipat. Dan kali ini hinge-nya menggunakan teknologi yang disebut dengan Dual Rail Hinge yang lebih kokoh dan tahan dibuka tutup hingga puluhan ribu kali.Sektor layar juga punya spesifikasi yang sama dengan sebelumnya. Layar utama menggunakan panel Dynamic Amoled 2X berukuran 6,7 inci serta resolusi 1080 x 2460 pixels dengan refresh rate 120Hz. Untuk layar covernya punya ukuran 3,4 inci menggunakan panel Super AMOLED FlexWindow dengan resolusi 720 x 748 pixels dan refresh rate 60Hz. Untuk daya tahannya sudah terlindung oleh Corning Gorilla Glass Victus 2. Tingkat kecerahan kedua layarnya sama yaitu mencapai 2.600 nits.

Menariknya, fungsi pada layar cover mengalami peningkatan fitur guna memanfaatkan fungsi-fungsi berbasis AI yang digunakan tanpa perlu menggunakan layar utama. Dari layar cover bisa langsung mengirim respon yang sudah direkomendasikan secara AI pada beberapa pesan yang masuk. Jadi pengguna tidak perlu repot membalas pesan dengan mengetik dari awal.

Samsung Galaxy Z Flip6

Selain itu saat menggunakan FlexCam yang merupakan mode saat memotret dengan kondisi layar ditekuk, ditambahkan fitur Auto Zoom sehingga kamera secara otomatis akan melakukan framing agar posisi pengguna berada di tengah kamera.Dengan Galaxy AI, pengguna juga bisa semakin memaksimalkan device yang ramping ini dengan FlexWindow yang menghadirkan sejumlah fitur tanpa gangguan. Dengan FlexWindow, pengguna bisa mengakses update dan notifikasi pada Samsung Health, serta memilih lagu dari widget musik. FlexWindow juga menghadirkan semakin banyak Widgets sehingga pengguna bahkan bisa mendapatkan informasi dari beberapa Widgets sekaligus.Pada sektor kamera, kamera utama di belakang kali ini punya resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan mendukung optical zoom 2x, berbeda dengan sebelumnya yang hanya 12 MP. Sementara kamera keduanya yaitu ultrawide masih sama dengan mengusung resolusi 12 MP dengan bukaan f/2.2. Samsung juga menyematkan fitur nightography untuk menangkap gambar atau merekam video dalam kondisi low light.Desain dua kamera yang ditempatkan di layar cover posisinya ada di sisi bawah dengan ukuran sama besar. Kali ini Samsung melapisinya dengan warna yang senada dengan warna cover sehingga terkesan lebih menonjol dan menarik perhatian.Untuk urusan performa, Galaxy Z Flip6 menggunakan System-on-Chip yang sama dengan Galaxy Z Fold6 yaitu Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Prosesor ini memadukan kinerja CPU, GPU dan performa NPU yang dioptimalkan untuk pemrosesan AI, grafis, dan performa yang lebih baik.

Samsung Galaxy Z Flip6

Hadir dalam dua varian, sama-sama punya RAM sebesar 12 GB dan dua pilihan storage yang terdiri dari 256 GB dan 512 GB. Guna menjaga kestabilan performa saat beban tinggi, sistem pendinginnya menggunakan vapor chamber pertama yang digunakan pada Galaxy Z Flip series.Baterainya punya kapasitas lebih besar yaitu 4.000 mAh dimana sebelumnya hanya punya kapasitas 3.700 mAh. Kapasitas ini diklaim Samsung mampu bertahan hingga 20 jam. Pengisian dayanya mendukung fast charging 25 watt wired, 15 watt wireless, dan 4,5 watt reverse wireless.Sedangkan sistem operasinya menggunakan Android 14 dengan antarmuka OneUI 6.1.1. Dukungan konektivitasnya mencakup WiFi 6E, Bluetooth 5.3, dan dukungan jaringan 5G serta dukungan kartu SIM hingga dua Nano SIM dan eSIM. Daya tahannya sudah memiliki sertifikasi IP48 yang membuatnya tahan debu dan di air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tidak ketinggalan untuk fitur keamanannya juga disematkan Samsung Knox dan Samsung Knox Vault untuk mengamankan informasi penting dan melindungi device.

Samsung Galaxy Z Flip6

Harga dan KetersediaanSamsung Indonesia resmi membuka preorder Samsung Galaxy Z Flip6 pada 10-31 Juli 2024 melalui situs resminya. Nantinya, Samsung Galaxy Z Fold6 baru akan dijual luas pada 24 Juli 2024.Hadir dalam pilihan warna Silver Shadow, Yellow, Blue, dan Mint (khusus pembelian di Samsung.com juga tersedia pilihan warna Crafted Black, White, dan Peach), Galaxy Z Flip6 tersedia dalam tiga varian yakni:Galaxy Z Flip6 12/256 GB Rp17.499.000Galaxy Z Flip6 12/512 GB Rp19.499.000Selama masa Pre Order konsumen akan mendapatkan trade in cashback dan promo PWP senilai hingga Rp1.500.000, Free Samsung Care+ selama 1 tahun, Bank Partner cashback hingga Rp1.500.000 dan paket data E Sim dari Telkomsel hingga 150 GB.