Find Us On Social Media :

Akselerasi Pengembangan dan Penerapan AI Global, AMD Akuisisi Silo AI

By Liana Threestayanti, Jumat, 12 Juli 2024 | 17:17 WIB

Percepat pengembangan AI untuk pelanggan, AMD mengakuisisi Silo AI, laboratorium swasta terbesar di Eropa untuk AI. (Ilustrasi AMD)

Percepat pengembangan AI untuk pelanggan, AMD mengakuisisi laboratorium swasta terbesar di Eropa untuk artificial intelligence (AI) dengan transaksi tunai senilai sekitar US$665 juta. 

Akuisisi ini bertujuan mempercepat pengembangan dan penerapan model serta solusi software AI dari AMD. “Di setiap industri, perusahaan mencari cara yang cepat dan efektif dalam mengembangkan dan menerapkan solusi AI untuk kebutuhan bisnis unik mereka,” ujar Vamsi Boppana, Senior Vice President, Artificial Intelligence Group, AMD, mengomentari akuisisi terbaru ini.

Siapa itu Silo AI? Silo AI dikenal dengan tim ilmuwan dan insinyur AI kelas dunia yang berpengalaman dalam mengembangkan model dan solusi AI yang menyeluruh untuk berbagai industri, termasuk komputasi cloud, embedded, dan endpoint. Beberapa pelanggannya seperti Allianz, Philips, Rolls-Royce dan Unilever. Silo AI juga membangun model bahasa besar (LLM) multibahasa open source yang canggih, seperti Poro dan Viking, pada platform AMD selain platform model SiloGen.    

CEO dan Co-Founder Silo AI, Peter Sarlin, akan melanjutkan kepemimpinan tim sebagai bagian dari AMD Artificial Intelligence Group dan bertanggung jawab kepada Vamsi Boppana. “Di Silo AI, misi kami sejak awal adalah membangun perusahaan AI unggulan. Pengumuman hari ini merupakan langkah nyata berikutnya dalam upaya kami bekerja sama dengan AMD untuk membentuk masa depan komputasi AI,” kata Peter Sarlin. 

Sharlin menggadang-gadang sejarah panjang Silo AI dalam membangun produk AI yang sukses dan memberikan nilai kepada pelanggan. “Kami berharap dapat menjadi bagian dari AMD untuk lebih meningkatkan dampak kami dan mengembangkan solusi perusahaan dan model AI sehingga dapat mengatasi tantangan paling kompleks dengan penerapan AI dengan skala besar saat ini,” ia menambahkan.    

Akuisisi yang diharapkan selesai pada paruh kedua tahun 2024 ini sekaligus menandai serangkaian akuisisi dan investasi perusahaan terbaru untuk mendukung strategi AMD AI. AMD telah menginvestasikan lebih dari US$125 juta di puluhan perusahaan AI dalam 12 bulan terakhir dan juga mengakuisisi Mipsology dan Nod.ai untuk memperluas ekosistem AI AMD, mendukung mitra, dan memajukan platform komputasi AMD yang terdepan.

Baca juga: Teknologi AMD Dukung Solusi Smart Parking Berbasis AI di Singapura

Baca juga: Peta Persaingan Pasar Chip AI di Dunia, NVIDIA Kalahkan AMD dan Intel