Find Us On Social Media :

Rilis Skor Inklusi Keuangan, 1datapipe Bantu Atasi Ketidakpastian Ekonomi

By Liana Threestayanti, Jumat, 12 Juli 2024 | 19:30 WIB

Dorong keuangan yang lebih inklusif, perusahaan di bidang teknologi analitik dan wawasan pelanggan, 1datapipe meluncurkan Skor Inklusi Keuangan (Financial Inclusion Score).

Dorong keuangan yang lebih inklusif, perusahaan di bidang teknologi analitik dan wawasan pelanggan, 1datapipe meluncurkan Skor Inklusi Keuangan (Financial Inclusion Score).

Skor Inklusi Keuangan bertujuan mengatasi ketidakpastian ekonomi dan transformasi digital dalam layanan keuangan dengan memberikan penilaian komprehensif terhadap inklusi keuangan melalui penggunaan data alternatif seperti penggunaan telepon selular, pembayaran tagihan rutin, dan aktivitas media sosial. 

Hal ini memungkinkan penilaian risiko yang lebih akurat dibandingkan dengan sistem penilaian kredit tradisional, terutama bagi kelompok pekerja informal dan mereka yang kurang terlayani.

Sebagai informasi, secara global, sebanyak 1,7 miliar masyarakat masih belum memiliki rekening bank, dan sebagian besar berada di negara berkembang, seperti Afrika, Amerika Latin, dan sebagian Asia yang memiliki akses terbatas pada layanan keuangan. 

Di wilayah Asia-Pasifik sendiri, upaya inklusi keuangan telah mengidentifikasi peluang besar senilai US$79 miliar untuk layanan perbankan pribadi.

Skor Inklusi Keuangan 1datapipe bertujuan untuk mengintegrasikan masyarakat yang belum memiliki rekening bank ini ke dalam sistem keuangan. Mereka juga akan memperoleh akses ke kredit serta layanan keuangan lainnya yang sebelumnya tidak terjangkau.

Sejak diluncurkan pada tahun 2023, solusi ini disebut 1datapipe telah mengubah lanskap keuangan di Brazil dan Indonesia. Dengan keberhasilan tersebut, 1datapipe meluaskan jangkauannya ke Thailand, Meksiko, Filipina, Malaysia, dan Vietnam.

“Inklusi keuangan bukan hanya tentang akses pada layanan kredit, namun juga tentang menciptakan peluang dan memungkinkan partisipasi ekonomi bagi semua orang. Skor inklusi keuangan kami menjadi langkah penting untuk mencapai tujuan ini,” jelas Carey Anderson, CEO dan Founder, 1datapipe.

Keuntungan adanya Skor Inklusi Keuangan ini meliputi pemberdayaan layanan keuangan yang memungkinkan akses bagi jutaan orang yang umumnya kurang terlayani, mendorong pertumbuhan ekonomi di pasar negara berkembang dengan melibatkan pekerja informal dan kelompok masyarakat yang kurang terlayani. Selain itu, inovasi dalam teknologi keuangan menetapkan standar baru dan menggunakan wawasan berbasis data untuk meningkatkan inklusi keuangan.

Dengan mengintegrasikan skor inovatif 1datapipe dengan solusi yang dimiliki calon mitra saat ini dapat mendorong lebih banyak pendapatan, diversifikasi penawaran, dan menambahkan aliran pendapatan tambahan ke model bisnis mereka. Kerjasama ini memungkinkan mitra menyediakan layanan keuangan yang komprehensif dan inklusif serta membantu melayani pekerja informal dan kelompok masyarakat yang kurang terlayani dengan lebih efektif. Kemitraan ini dapat meningkatkan layanan keuangan, menjadikannya lebih inklusif dan mudah diakses di seluruh pasar global.

“Dengan memanfaatkan teknologi AI yang canggih, kami memberikan wawasan luas dan mendorong pertumbuhan strategis bagi lembaga keuangan di seluruh dunia,” tutup Carey Anderson.

Baca juga: 1datapipe Fasilitasi Masyarakat Underbanked Terhubung ke Layanan Keuangan