Find Us On Social Media :

AION Y Plus Meluncur di Indonesia dan Hadir di Sejumlah Mal Besar

By Cakrawala Gintings, Jumat, 12 Juli 2024 | 09:00 WIB

Andry Ciu (CEO AION Indonesia; kedua dari kiri) bersama stakeholder lain berfoto bersama pada peluncuran AION Y Plus di tanah air belum lama ini. AION Y Plus merupakan mobil listrik pertama AION Indonesia dan menawarkan sejumlah fitur.

Mengambil tempat di Jakarta, AION Indonesia meluncurkan AION Y Plus di tanah air bulan lalu. AION Y Plus merupakan mobil listrik pertama AION Indonesia. Dengan kata lain AION Y Plus adalah mobil listrik pertama AION, tepatnya GAC AION, yang meluncur di tanah air. GAC AION sendiri merupakan perusahan Cina yang memproduksi kendaraan listrik. AION Indonesia menyebutkan kehadiran AION Y Plus bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dan Asia Tenggara akan kendaraan listrik yang tidak hanya ramah lingkungan, melainkan juga berteknologi canggih. Selain itu, kehadiran AION Y Plus pun dalam rangka perluasan jangkauan GAC AION ke tanah air.

Terdapat dua varian AION Y Plus yang meluncur di Indonesia. Keduanya adalah AION Y Plus Exclusive dan AION Y Plus Premium. Perbedaan dari keduanya diklaim jarak tempuh sebelum baterai perlu untuk diisi ulang energinya. AION Y Plus Premium menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan AION Y Plus Exclusive sebelum baterai masing-masing mobil listrik itu harus dicas. Sementara untuk fasilitas lain, AION menekankan adalah serupa. Terdapat lima fitur AION Y Plus Exclusive dan AION Y Plus Premium yang dikedepankan yang disebut dengan “Unlimit Your Journey”, “Unlimit Your Assurance”, “Unlimit Your Comfort”, “Unlimit Your Innovation”, dan “Unlimit Your Expression”.

“Hari ini kita memulai perjalanan AION Y Plus di Indonesia. Together with Y Plus, we unlimit the experience. Kenapa sih kita membawa AION Y Plus ke Indonesia? Karena menurut pandangan kami, AION Y Plus ini sangat cocok dengan masyarakat Indonesia. Kenapa? Selain membawa power dan performance yang memadai, AION Y Plus menyediakan luasan space di dalam kabin, baik row pertama maupun row kedua, yang cukup memadai untuk mewa, mewa, memfasilitasi kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Andry Ciu (CEO AION Indonesia) sembari menambahkan kelimat fitur AION Y Plus yang dikedepankan bisa membantu untuk "Unlimit Your Experience".

Unlimit Your Journey merujuk pada daya tahan baterai AION Y Plus yang jauh. AION mengeklaim AION Y Plus bisa menempuh jarak 490 km sebelum baterai yang dipakai perlu untuk diisi ulang energinya. Dengan jarak Jakarta Bandung yang sekitar 150 km, AION Y Plus bisa dikendarai dari Jakarta ke Bandung dan balik lagi ke Jakarta tanpa harus dicas sekalipun.

Unlimit Your Assurance maksudnya Magazine Battery pada AION Y Plus menghadirkan baterai yang memiliki tingkat keamanan (safety) yang tinggi. Baterai AION Y Plus antara lain disebutkan tetap aman meski tertusuk sesuatu hingga ke bagian dalamnya. Baterai pada mobil listrik bisa tertusuk sesuatu misalnya saat mengalami kecelakaan.

Salah satu varian AION Y Plus yang meluncur di Indonesia bulan Juni lalu.

Unlimit Your Comfort maksudnya AION Y Plus adalah mobil yang memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpangnya. AION Y Plus diklaim antara lain memiliki jarak sumbu roda yang panjang, ruang interior yang luas, lantai yang datar, dan kursi depan yang bisa direbahkan.

Unlimit Your Innovation merujuk pada berbagai inovasi yang dihadirkan AION Y Plus. Dua di antaranya adalah sistem sensor IBCM (Integrated Body Control Module) dan sistem kamera panorama 360°. AION menyebutkan keduanya bisa membantu pengemudi berkendara dengan kendali lebih nyaman, halus tanpa guncangan.

Unlimit Your Expression merujuk pada tampilan AION Y Plus yang gaya plus opsi warna eksterior dan interior yang bisa membantu pengguna mengekspresikan diri. AION Y Plus tersedia dalam tujuh pilihan warna eksterior, yakni Vitality Green, Rose Gold, Elegant Grey, Pure White, Glamour Black, Vitality Green with Black Roof, dan Pure White with Black Roof. Adapun pilihan warna interiornya adalah Fairy Wonderland dan Enchanted Forest.

Sejalan dengan peluncurannya di Indonesia, AION menghadirkan pula AION Y Plus di sejumlah mal besar atau pusat perbelanjaan besar di Jabodetabek. Masyarakat Jabodetabek dan sekitarnya plus yang sedang berada di Jabodetabek dan sekitarnya bisa mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan tersebut serta melihat dan merasakan secara langsung AION Y Plus dengan berbagai fasilitasnya. Pusat-pusat perbelanjaan di Jabodetabek tempat berlangsungnya pameran AION Y Plus hingga 14 Juli 2024 adalah Bintaro Jaya Xchange Mall, Central Market PIK, Summarecon Mall Bekasi, dan Trans Studio Mall Cibubur.

Adapun untuk harga, AION Y Plus Exclusive ditawarkan dengan harga Rp415 juta, sedangkan AION Y Plus Premium dengan harga Rp475 juta. Sementara jarak tempuh sebelum baterai harus diisi ulang energinya, AION Y Plus Exclusive bisa menempuh 410 km dan AION Y Plus Premium bisa menempuh 490 km. Perihal garansi suku cadang dan gratis jasa layanan plus bonus pengecas adalah sama untuk keduanya. AION Y Plus menawarkan garansi suku cadang sebesar 8 tahun atau 200.000 km/160.000 km, gratis jasa layanan selama 5 tahun atau 60.000 km, dan pengecas 7 kW.