Find Us On Social Media :

X Bakal Integrasikan Fitur-fitur Chatbot AI Grok ke Platformnya

By Adam Rizal, Sabtu, 13 Juli 2024 | 09:30 WIB

Chatbot AI Grok

Media sosial X akan memperkenalkan serangkaian fitur baru yang mengintegrasikan AI Grok ke dalam aplikasinya. Peneliti aplikasi independen, Nima Owji, mengungkapkan bahwa X sedang menguji beberapa fitur baru untuk mengintegrasikan Grok bagi penggunanya.

Penemuan ini pertama kali terungkap di situs web X pada 5 Juli 2024, meskipun fitur-fitur tersebut belum dirilis secara publik. Fitur-fitur ini berpotensi meningkatkan interaksi pengguna dengan AI.

Salah satu fitur baru memungkinkan pengguna menggunakan Grok melalui pop-up di sisi kanan layar saat menjelajahi X. Fitur ini mirip dengan pesan langsung (DM) yang dapat diakses dari layar beranda aplikasi melalui jendela kecil di atas layar.

Fitur pop-up ini mirip dengan cara perusahaan seperti Google dan Microsoft menggunakan chatbot dalam aplikasi produktivitas mereka, dengan akses chatbot AI yang sering tersedia di sidebar kanan layar.

Menurut TechCrunch, penempatan ini memudahkan pengguna untuk mengobrol dengan Grok untuk mencari informasi baru. Grok juga bisa digunakan untuk meneliti profil pengguna di X. Dengan mengklik tombol, pengguna dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang suatu akun, meskipun detail spesifiknya belum jelas.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan mencari informasi melalui Grok hanya dengan menyorot kata atau frasa dalam postingan di X. Pengguna dapat menyeret kursor melintasi istilah tertentu, lalu mengklik tombol Ask Grok yang muncul untuk memulai pencarian dengan chatbot.

Grok juga memiliki kemampuan penglihatan, memungkinkan pengguna mengunggah gambar dan mengajukan pertanyaan. X pertama kali menambahkan Grok ke aplikasinya pada 2023 untuk meningkatkan langganan berbayar pada paket Premium Plus. Namun, karena persaingan yang semakin ketat dari ChatGPT milik OpenAI, Gemini milik Google, dan lainnya, X memperluas akses ke Grok pada Maret 2024 untuk menyertakan pelanggan Premium tingkat menengah.

Menurut TestingCatalog, Grok juga dapat ditambahkan sebagai tab terpisah di X Pro untuk akun premium, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan Grok saat menjelajahi konten di X dan berinteraksi dengan akun lain.

Baca Juga: Begini Cara Memitigasi Risiko dan Melindungi Data Digital Anda