Find Us On Social Media :

Tantang NVIDIA, SoftBank Beli Perusahaan Chip AI Asal Inggris

By Adam Rizal, Sabtu, 13 Juli 2024 | 13:00 WIB

Ilustrasi SoftBank

Perusahaan konglomerat raksasa SoftBank membeli perusahaan chip artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan asal Inggris, Graphcore. Nantinya, SoftBank akan menggunakan Graphcore untuk menantang NVIDIA yang saat ini mendominasi pasar chip AI di dunia. Permintaan chip AI sangat tinggi hingga membuat NVIDIA kewalahan memenuhi permintaan di pasar, menyusul NVIDIA memiliki produk chip AI terlaris di pasar yaitu H100 dan H200.

Belum lagi, saat ini hampir perusahaan teknologi di dunia menginvestasi anggarannya untuk mengembangkan AI yang akan memegang peranan penting di masa depan dan itu membutuhkan chip AI yang super banyak. SoftBank melihat pasar chip AI peluang besar untuk mendatangkan keuntungan.

SoftBank belum mengungkapkan jumlah yang dibayarkan, tetapi diperkirakan jauh lebih kecil dari nilai perusahaan Inggris tersebut, sekitar £2 miliar, setelah putaran pembiayaan pada 2020.

"Investasi ini adalah dukungan yang luar biasa terhadap tim kami," kata Kepala Graphcore, Nigel Toon kepada BBC.

Namun, kesepakatan ini mungkin menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan Inggris dalam mengembangkan perusahaan yang dapat bersaing dengan pemain besar di pasar chip AI yang sedang booming. Ini bukan pertama kalinya SoftBank mengakuisisi perusahaan rintisan Inggris yang menjanjikan. Pada 2016, SoftBank secara kontroversial mengakuisisi perancang chip Inggris lainnya, Arm.

Analis teknologi di Quilter Cheviot, Ben Barringer, mengatakan bahwa hal ini merupakan pukulan pahit bagi pasar keuangan Inggris jika Graphcore mengikuti jejaknya. 

"Ini terjadi saat London sedang mencari perusahaan teknologi terkemuka untuk memperkuat reputasinya sebagai pusat keuangan global," katanya.

Sekretaris Ilmu Pengetahuan, Peter Kyle, menyebut kesepakatan itu sebagai akhir yang baik atas ketidakpastian yang dihadapi Graphcore dan karyawannya. Namun, dia juga mengakui bahwa ini merupakan pengingat tentang pekerjaan penting yang perlu dilakukan untuk menjadikan Inggris sebagai tempat terbaik untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Baca Juga: X Bakal Integrasikan Fitur-fitur Chatbot AI Grok ke Platformnya