Find Us On Social Media :

Tingkatkan Visibilitas, Cloudera Hadirkan Observability di Cloud & On-premises

By Liana Threestayanti, Senin, 15 Juli 2024 | 15:59 WIB

Cloudera mengumumkan 2 penawaran terbaru Cloudera Observability Premium yang memungkinkan kemampuan observability di semua platform Cloudera.

Cloudera mengumumkan dua penawaran terbaru dari solusi Cloudera Observability Premium yang akan memungkinkan perusahaan memiliki kemampuan observability di semua platform Cloudera, baik yang berbasis cloud maupun on-premises. 

Penawaran ini dihadirkan karena Cloudera melihat adanya kebutuhan yang semakin besar untuk mendapatkan visibilitas penuh terhadap sumber data dan alur proses pengolahan data. Kebutuhan ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, seperti meningkatnya permintaan insight strategis dari teknologi seperti AI generatif dan adanya aturan privasi serta keamanan data. 

“Perusahaan saat ini menghadapi tekanan sangat besar untuk mengelola sumber daya data dengan lebih baik dan memanfaatkan data di seluruh perusahaan secara efisien,” kata Dipto Chakravarty, Chief Product Officer, Cloudera.

Khususnya di Indonesia, menurut Fajar Muharandy, Principal Solution Engineer, Cloudera, perusahaan-perusahaan sedang berada di titik krusial dalam perjalanan transformasi digital dan banyak perusahaan membutuhkan platform yang menjamin visibilitas dan stabilitas workload serta tata kelola yang lengkap di seluruh platform Cloudera baik di cloud maupun on-premises.

Fitur-fitur utama dari Cloudera Observability Premium mencakup pengawasan real-time (memungkinkan pengawasan secara langsung terhadap klaster Data Hub, pekerjaan, dan query); konversi beban kerja ke biaya (mengubah beban kerja menjadi biaya operasional yang terukur, membantu dalam tata kelola keuangan); otomatisasi proses (menyederhanakan dan mengotomatisasi berbagai proses operasional); observability data (memberikan visibilitas penuh terhadap data yang sedang diproses, termasuk analisis hot and cold table).

Dua solusi terbaru Cloudera dalam rangkaian Cloudera Observability Premium itu adalah:

1.Cloudera Observability Premium On-Premises: Dirancang untuk pelanggan dengan jaringan yang sangat aman dan memungkinkan observability secara menyeluruh dalam platform Cloudera di data center mereka, termasuk pada lingkungan on-premise yang tidak terhubung ke internet (air-gapped). 

2.Cloudera Observability Premium for Public Cloud Data Hub: Memberikan semua kemampuan premium terbaru kepada pengguna public cloud, termasuk pengawasan secara real-time, konversi beban kerja ke biaya, otomatisasi proses, dan observability data. 

"Menerapkan kemampuan observasi tingkat lanjut sangat penting bagi perusahaan karena akan menghasilkan system insight secara real time untuk pemecahan masalah secara proaktif dan meningkatkan keamanan, yang pada akhirnya akan mengarah pada operasional dan pengurangan risiko,” komentar analis industri, Sanjeev Mohan. 

“Cloudera Observability membantu perusahaan memaksimalkan efisiensi biaya, meningkatkan performa dan menghasilkan berbagai insight yang cerdas. Penambahan penawaran premium baru ini makin memperdalam insight untuk perusahaan dan membangun komitmen kami dalam membantu pelanggan mengambil alih kendali data, analitik dan AI mereka,” jelas Dipto Chakravarty

“Dengan penawaran Observability yang semakin intuitif dan komprehensif, perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat mengoptimalkan platform hybrid Cloudera secara lebih efisien untuk mencapai visibilitas data serta menghasilkan insight yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai berbagai target bisnis mereka,” ujar Fajar Muharandy.

Baca juga: Cloudera Dukung OCBC NISP Tingkatkan Layanan dengan AI Generatif