Find Us On Social Media :

Lazada Libatkan Mitra Kurir jadi Agen Perubahan Literasi Digital

By Indah PM, Senin, 22 Juli 2024 | 14:00 WIB

Ilustrasi Lazada

Lazada Indonesia dan CV Berkat Langgeng Abadi (Berkat) berkolaborasi dalam meningkatkan literasi digital masyarakat melalui pemberdayaan mitra kurir sebagai agen edukasi. Inisiatif ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, yang menekankan pembangunan manusia dan penguasaan teknologi, serta memanfaatkan bonus demografi yang diperkirakan mencapai puncaknya pada 2030.

Dengan dukungan pengetahuan dan keahlian lokal dari Berkat, Lazada berupaya memberikan akses pasar yang sama kepada masyarakat di area terpencil seperti Tangerang, Banten, dan Jawa Barat. Sejak 2022, kolaborasi ini tidak hanya menjaga kualitas layanan, tetapi juga meningkatkan literasi ekonomi digital melalui pelatihan bagi mitra kurir.

Data BPS 2023 menunjukkan 69% penduduk Indonesia berada dalam usia produktif, menuntut upaya kolektif dalam mempersiapkan SDM unggul di era digital.

Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata menegaskan pihaknya berkomitmen dalam mengembangkan talenta di ekosistem dan berkolaborasi dengan mitra strategis untuk hasil optimal.

Direktur Berkat, Edwin, menambahkan bahwa kolaborasi ini juga bertujuan mengatasi tantangan literasi digital di area pengiriman mereka. Mitra kurir yang terlatih kini dapat membantu pelanggan memahami proses belanja online dan penggunaan platform Lazada.

Melalui Laporan ESG 2023, Lazada menunjukkan komitmen berkelanjutan dalam pemberdayaan masyarakat dengan memberikan peluang ekonomi kepada lebih dari 1,1 juta pemangku kepentingan. "Kami berkeinginan untuk berada di Indonesia dalam jangka waktu lama dan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekosistem ekonomi digital di Indonesia," tutup Stefan.

Baca Juga: Lazada Gunakan Transportasi Logistik Ramah Lingkungan Lewat OTW